Pemprov Jatim Apresiasi Peluncuran Platform Virtual Tourism Destination Wisata Kemari

oleh -Dibaca 544 kali
APRESIASI WISATA KEMARI. Wagub Jatim Emil Dardak saat memberikan sambutan dalam peluncuran wisata kemari, Kamis (19/8/2021). (Foto: tangkapan layar zoom)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi peluncuran platform virtual tourism destination dengan nama Wisatakemari.com pada Kamis (19/8/2021) yang digelar secara daring.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kami memberikan selamat kepada Bank Indonesia dan  kepada seluruh bupati dan Wali Kota se-eks karesidenen Madiun dan Kediri atas diluncurkannya platform ini,”kata Wagub Emil saat memberikan sambutannya secara daring dalam peluncuran platform virtual tourism destination dengan nama Wisatakemari.com pada Kamis (19/8/2021).

Baca juga: BI Kediri Luncurkan Platform Virtual Tourism Destination Wisata Kemari

Lebih lanjut, Emil mengatakan kondisi pandemi COVID-19 tidak membuat putus asa. Justru, kata mantan Bupati Trenggalek ini, Pemerintah harus tetap semangat mendorong pariwisata untuk bangkit.

“Mudah-mudahan walaupun pandemi kita jangan putus asa, kita harus tetap semangat untuk mendorong pariwisata, memang pariwisata di mataraman memiliki lokal market, artinya disasar untuk pangsa pasar lokal,”jelasnya.

Meski untuk pangsa pasar lokal, namun Emil menyebut wisatawan lokal diluar daerah setempat sangat memungkinkan untuk menjada pasar baru.

“Kita harus optmisi wisatawan domestik diluar orang setempat itu sangat memungkinkan, misalnya orang Jogja, orang Solo, orang Malang bisa jadi sangat mungkin ingin lewat jalur ini, itulah yang kemudian bisa di support dengan virtul platform ini,”jelasnya.

Secara khusus, Emil kemudian menceritakan pengalaman dirinya mensinergikan kawasan mataraman saat menjadi Bupati Trenggalek.

“Saya juga personal saya pernah menjabat sebagai bupati trenggalek, kita ada selingkar wilis yaitu daerah yang mengelilingi Gunung Wilis, karena adanya keterbatasan akses, kemudian perjuangan dari segenap Bupati dan Wali Kota, akhirnya akan memiliki bandara,”paparnya.

Selain itu, kata Emil mengungkapkan pariwisata di kawasan mataraman, meski saat ini sedang suram karena terdampak pandemi, kedepan sangat mungkin dikelola dengan baik dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Harapan kita bisa menjaga kelestarian wisata berbasis alam, karena kawasan mataraman yang punya kawasan pesisir itu ada empat daerah, yakni Pacitan, Trenggalek, Blitar dan Tulungagung, dari Pantai Klayar sampai Kedung Tumpeng,”paparnya.

komitmen menyambungkan wilayah pesisir selatan, bersambung mulai JLS sudah terbentuk, jalan tol saat ini di Kertosono sampai ke Kediri, kemudian exit tol Madiun yang sudah terkoneksi dengan Ponorogo.

“Tinggal bagaimana kita memanatkannya semaksimalmungkin. Saya sudah pernah ke Magetan, ke perhutani, disana ada Mojsemi, di Ngawi juga semangat mendoorng pariwisata, sehingga nanti ornag dari Solo bisa mencari hal yang berbeda, ini yang sebenarnya kita bisa didorong,”tandasnya.

Di sisi lain, kata dia, UMKM juga bisa ikut mendapatkan manfaat.

“Maka kalau kita lihat akan menentukan destinasi, dengan virtual destinasion memberikan mereka (wisatawan) riset lebih dalam, ini akan sangat membantu sekali,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, kantor perwakilan BI Kediri bersama 13 Pemerintah Kota/Kabupaten eks Keresidenan Kediri dan Madiun meluncurkan Platform Virtual Tourism Destination dengan nama Wisatakemari.com pada Kamis (19/8/2021) yang digelar secara daring.

Adapun 13 daerah tersebut adalah Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Madiun.

Untuk diketahui, wisatakemari.com adalah sistem yang dapat memberikan informasi dan panduan bagi masyarakat untuk mengeksplor obyek-obyek pariwisata. Platform ini juga dilengkapi dengan Video 360, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi yang berbeda dalam mengeksplor obyek wisata.

Hadir dalam launching atau peluncuran tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto.

Kemudian Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia, Anggota Komisi XI DPR RI Muhammad Sarmudji, pengarah wisatakemari.com yang juga Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra dan perwakilan Pemerintah Kota/Kabupaten eks Keresidenan Kediri dan Madiun.

Pewarta: Dwi Purnawan