BI Kediri Luncurkan Platform Virtual Tourism Destination Wisata Kemari

oleh -Dibaca 381 kali
PELUNCURAN PLATFORM DIGITAL. Sejumlah narasumber saat meluncurkan paltform digital Wisata Kemari pada Kamis (19/8/2021). (Foto: Screenshoot Zoom Webinar)

Pacitanku.com, PACITAN — Kantor Perwakilan BI Kediri bersama 13 Pemerintah Kota/Kabupaten eks Keresidenan Kediri dan Madiun meluncurkan platform virtual tourism destination dengan nama Wisata Kemari pada Kamis (19/8/2021) yang digelar secara daring.

Adapun 13 daerah tersebut adalah Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Madiun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia dalam sambutannya mengatakan melalui launching kegiatan ini dirinya berharap dapat mengakselarsi bangkitnya UMKM di Indonesia.

Menurut Sofwan, kegiatan launching ini digelar dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Nasional Bangga berwisata di Indonesia aja.

“Selain itu melalui launching ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan teknologi digital untuk terus berkembang maju dan bangkit terutama di masa pandemi, juga mengkonsumsi produk MKM, dan mendukung beriwisata di Indonesia saja,”kata Sofwan.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka mendorong bangkitnya UMKM dan pariwisata di masa pandemi.

“Ini merupakan bukti nyata sinergi BI yang diwakili BI Kediri yang bersinergi dengan Pemerintah Kota/Kabupaten eks Keresidenan Kediri dan Madiun untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional khususnya sektor pariwisata dan UMKM,”jelasnya.

Lebih lanjut, Budi mengapresiasi adanya platform wisatakemari ini yang sudah terintegrasi di sejumlah platform.

“Kami mengapresiasi hadirnya wisata kemari ini, baik website maupun aplikasi dengan beberapa paket unggulan, seperti fitur kamera 360 derajat dan informasi lain penunjang pariwisata dan lengkap dan juga terintegrasi,”jelasnya.

Untuk diketahui, wisatakemari.com adalah sistem yang dapat memberikan informasi dan panduan bagi masyarakat untuk mengeksplor obyek-obyek pariwisata. Platform ini juga dilengkapi dengan Video 360, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi yang berbeda dalam mengeksplor obyek wisata.

Hadir dalam launching atau peluncuran tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto.

Kemudian Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia, Anggota Komisi XI DPR RI Muhammad Sarmudji, pengarah wisatakemari.com yang juga Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra dan perwakilan Pemerintah Kota/Kabupaten eks Keresidenan Kediri dan Madiun.