Perdana, Konservasi “Berkah Penyu” Pancer Door Pacitan Lepas 76 Tukik ke Laut

oleh -Dibaca 514 kali
RESMIKAN KONSERVASI PENYU. Bupati Aji meresmikan konservasi penyu di kawasan Pantai Pancer Door Pacitan. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Upaya pelestarian hewan laut penyu semakin lengkap di Pacitan. Jika sebelumnya terdapat 3 tempat konservasi di Pacitan, kini dengan hadirnya Berkah Penyu di pantai pancer door ini semakin menambah lengkap konservasi di kawasan Pantai di Pacitan.

Pada Rabu (18/8/2021), Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji meresmikan tempat perlindungan dan perawatan penyu di kawasan Pantai Pancer Door, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Tempat perlindungan dan perawatan penyu yang oleh Bupati diberi nama Berkah Penyu itu akan difungsikan untuk kepentingan konservasi sekaligus edukasi serta pengembangan pariwisata ekologis.

“Alhamdulillah sekarang lebih baik dari sebelumnya, untuk konservasi penyu ini berkaitan dengan semangat teman-teman,”kata Bupati Aji saat dikonfirmasi awak media.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan jika nantinya kompleks konservasi ini dapat menjadi pusat pelestarian hewan penyu di pantai Pacitan. “Penambahan tempat pelestarian hewan penyu ini tentu menambah jumlah konservasi penyu di Pacitan,”jelas mantan Ketua DPRD Pacitan itu.

Di sisi lain, kata Bupati, dukungan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah daerah diharapkan semakin memperkokoh adanya pelestarian hewan penyu.

“Edukasi berjalan dengan semakin baik, kita tentu perpedoman pada undang-undang konservasi serta kerja bareng bersama masyarakat untuk kelestarian penyu,”ungkap Aji.

Bupati juga berharap, selain pelestarian penyu nantinya kompleks Berkah Penyu juga berkembang untuk upaya konservasi dan eduwisata lainnya.

“Mudah-mudahan kedepan bermanfaat bukan hanya untuk penyu namun juga berdampak pada kunjungan wisatawan, yang kedepannya, kompleks ini akan kita khsuuskan untuk konservasi” pungkasnya.

Selain di kawasan Pantai Pancer Door, kini semakin banyak lokasi pantai di Pacitan yang menjadi tempat pendaratan penyu untuk bertelur, seperti di Pantai Soge dan Pantai Taman di Ngadirojo dan juga di Pantai Banyu Tibo Kecamatan Donorojo.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan