Karya Lukisan SBY Direncanakan Dipajang di Museum SBY-Ani di Pacitan

oleh -Dibaca 869 kali
Keluarga SBY saat berfoto di depan Wisma Drupadi di kawasan museum Kepresidenan, beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Instagram @annisayudhoyono)

Pacitanku.com, JAKARTA – Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono(AHY) menyebut karya seni lukisan ayahnya yang viral belakangan direncanakan akan dipajang di museum SBY dan galeri seni Ani di Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

“Harapannya nanti, jika sudah semakin produktif dan semakin bagus hasilnya, Pak SBY berencana memajang karya-karya lukisannya itu di Galeri Seni Ani Yudhoyono yang berada dalam satu compound di dalam Museum SBY dan Ani Yudhoyono di Pacitan,”kata AHY dalam keterangan tertulis di Jakarta, baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu, AHY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat juga mendapat kado di hari ulang tahun lukisan dari SBY.

“Selepas makan malam di hari ulang tahun saya kemarin, kaget sekaligus senang sekali Bapak menghadiahi lukisan yang diberi judul Kokoh Laksana Batu Karang, Lentur Bagaikan Samudera yang memiliki filosofi luar biasa,” kata AHY.

Lukisan yang menggambarkan deretan batu karang yang berdiri kokoh di tepi pantai diberi judul “Kokoh Laksana Batu Karang, Lentur Bagaikan Samudera”.

“Ini doa dari Pak SBY bagi saya dan keluarga, bahwa dalam hidup itu prinsip kita harus kokoh, sekokoh batu karang. Tidak boleh patah, atau bengkok-bengkok, terutama dalam menyuarakan kebenaran, memperjuangkan keadilan, dan juga memperjuangkan rakyat,”jelas AHY.

AHY mengatakan,  dalam berpolitik dan berdemokrasi juga harus lentur dengan menggunakan berbagai pendekatan agar bisa diterima baik oleh berbagai pihak.”Jadi harus lentur, selentur samudera,”ujarnya.

AHY menuturkan, SBY telah memiliki hobi melukis saat duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) tetapi hal itu tidak berlanjut. Barulah pada masa pandemi Covid-19, SBY dapat menghabiskan waktu selama 6-8 jam untuk melukis.

Menurut AHY, melukis merupakan salah satu bentuk healing process bagi SBY setelah ditinggalkan istrinya Kristiani Herawati yang wafat pada tahun 2019.

“Dengan mengabadikannya dalam bentuk lukisan itulah sebagai bentuk kerinduan dan kecintaannya pada Ibu Ani. Saya rasa Pak SBY berhasil menemukan cara untuk mengobati rasa rindu dan kehilangannya itu,”pungkasnya. (red/DP)

Video Indahnya Lukisan Pak SBY Berjudul Debur Ombak di Pantai Pacitan