Sutradara Hingga Budayawan Apresiasi Lukisan SBY: Kayak Nonton Landscape Film Anime

oleh -Dibaca 1.004 kali
Sumber foto: https://www.instagram.com/jansensitindaon/

Pacitanku.com, PACITAN – Lukisan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diapresiasi seniman, baik sutradara hingga budayawan.

Sutradara terkenal Indonesia Angga Dwimas Sasongko melalui akun twitternya @anggasasongko mengapresiasi karya seni dari SBY tersebut.

“Sebagai kolektor seni rupa, saya suka sekali sama color pallette Pak SBY sbg pelukis. Punya rasa kayak nonton landscape film-film anime. Semangat melukis lagi, Pak. Nikmati hidup,”kata Angga yang juga sutradara film animasi Nussa ini.

Senada dengan Angga, budayawan terkenal Sudjiwo Tedjo juga mengapresiasi karya lukisan SBY tersebut. Dia juga setuju dengan Angga terkait bagusnya lukisan SBY.

“Aku setuju @anggasasongko lukisan Pak @SBYudhoyono bagus. Kalau lagu2nya sorry to say, kacangan banget. Tapi lukisan beliau hebat. Aku sbg org yg salah satu mata pencahariannya juga melukis, jujur agak iri pada pencapaian Pak SBY di seni rupa…Welcome, Pak SBY,”kata Sudjiwo Tedjo dalam kicauannya di akun twitter @sudjiwotedjo.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon melalui akun instagramnya @jansensitindaon, Sabtu (7/8/2021) mengatakan salah satu judul lukisan SBY adalah “Debu ombak di Pantai Pacitan.”

Dalam lukisan itu, adalah panorama keindahan ombak khas laut selatan di Pacitan.

“Foto pertama dan kedua: fresh dari studio beliau hari ini. Lukisan terbaru pak SBY pagi ini. Judulnya “Debur Ombak Di Pantai Pacitan”. Acrylic, ukuran 60X90 cm. Sebenarnya ini masih “trial” menggunakan kanvas dan kuas jenis baru (Winsor & Newton) type Professional Galeria,”kata Jansen dalam caption diunggahan tersebut.

Lebih lanjut, Jansen mengatakan dirinya sudah lihat beberapa lukisan pak SBY yang dilukis selama pandemic ini.

“Lukisan pak SBY memang banyak “diilhami Pacitan” tempat kelahiran beliau. Yang memang alamnya sangat indah, banyak sekali pantai dan gunung-gunung,”tandas Jansen.

Selain terinspirasi dari Pacitan, Jansen mengatakan SBY juga melukis merapi yang dulu sangat dekat dengan aktivitas SBY sebagai Komandan Korem DI Yogyakarta.

“Termasuk pak SBY juga sudah melahirkan 2 lukisan tentang “Merapi” yg dulu juga sangat dekat dgn kesehariannya sebagai Danrem Jogya. Termasuk “foto-foto alam” yg dulu diambil/dipotret oleh Alm Ibu @aniyudhoyono juga dilukis ulang oleh pak SBY,”ujar Jansen.

Menurut Jansen, kegiatan melukis SBY tersebut adalah kegiatan yang dijalani distudio Cikeas di masa PPKM.“Sehat selalu Ayahanda dan sehat selalu juga untuk kita semua teman-teman,”demikian doa dari Jansen di akhir unggahannya.