Ini Penjelasan BMKG Terkait Fenomena Alam “Langit Terbelah” di Pacitan

oleh -Dibaca 3.093 kali
Fenomena alam langit terbelah di Pacitan. (Foto: tangkapan layar Youtube Heru Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –  Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono angkat bicara terkait video viral yang memperlihatkan fenomena alam “langit terbelah” di Pacitan.

Menurut Daryono mengatakan, ada dua dugaan terbentuknya fenomena alam tersebut.

“Dugaan pertama adalah itu merupakan roll cloud atau awan gulung. Awan ini termasuk langka tetapi memang beberapa kali terjadi di beberapa tempat,”katanya dalam penjelasannya yang dikutip dalam akun facebooknya atas seizin Daryono , Ahad (8/8/2021).

Lebih lanjut, Daryono mengungkapkan, awan ini kerena ada pertemuan dua masa udara dengan kelembapan atau kandungan uap air yang berbeda.

“Dua hal yang mungkinkan, dipengaruhi oleh pertemuan angin regional dengan angin laut atau darat atau terbentuk pada garis front dua masa udara yang berbeda kandungan uap airnya,”ujar dia.

Selajutnya, Daryono mengungkapkan kemungkinan dugaan ke dua, awan ini terbentuk oleh contrail pesawat jet.

“Tetapi  biasanya jejaknya relatif kecil diameternya dgn garis awannya lebih kuat dengan wana latar langitnya. Contrail ini umurnya sangat pendek biasanya dlm skala menit bisa hilang, bentuknya mirip awan cirrus,”jelasnya.

Selain itu, Daryono mengatakan, adanya beberapa dugaan ini disebabkan karena memang tanyangan video awan di Pacitan tersebut memang kurang jelas, sehingga dugaan awan tersebut adalah roll cloud atau contrail jejak pesawat jet.

“Yang pasti awan tersebut merupakan fenomena atmosferik biasa dan bukan merupakan pertanda akan terjadi sesuatu yang luar biasa, misal akan terjadi gempa besar atau bencana besar lainnya,”jelas dia.

Daryono menambahkan, agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan isu yang berkembang dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Selama ini memang sebagian masyarakat kita ada yang menduga adanya kaitan antara bentuk awan lurus di langit dengan pertanda akan terjadi gempa. Dugaan dan pendapat ini sebenarnya masih sangat spekulatif karena belum ada kajian ilmiah yang membuktikan kebenarannya dan secara empirik belum terbukti,”pungkasnya.

Sebelumnya, baru-baru ini beredar video viral menunjukkan fenomena langit terbelah di Pacitan. Video langit terbelah di Pacitan sempat dibagikan oleh warga melalui akun YouTube salah satu warga Pacitan.

Dalam unggahan video YouTube berdurasi 3.07 menit pada Jumat, 6 Agustus 2021. Dalam video langut terbelah di Pacitan itu, pemilik akun YouTube Heru Pacitan mengatakan jika fenomena tersebut terjadi di atas lapangan Kodim Kabupaten Pacitan.