Bupati Pacitan Serahkan Bansos untuk Para Pelaku Wisata di Sejumlah Destinasi

oleh -0 Dilihat
SERAHKAN BANSOS. Bupati Aji saat menyerahkan bantuan sosial untuk pelaku wisata pada Jumat (6/8/2021).(Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU — Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyalurkan bantuan sosial kepada para pelaku wisata di sejumlah destinasi wisata, yaitu Sungai Maron dan Pantai Watukarung di Pringkuku dan Pantai Klayar di Donorojo pada Jumat (6/8/2021).

Untuk diketahui, lebih dari 3 pekan sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ), seluruh obyek wisata di Kabupaten Pacitan tertutup bagi pengunjung. Hal ini  berdampak langsung terhadap sumber pendapatan para pelaku pariwisata.

“Karena obyek wisata Pantai Klayar ini ditutup para pedagang yang setiap hari dapat pemasukan tidak lagi dapat penghasilan. Untuk itu pemerintah daerah, provinsi dan pusat hadir untuk memberikan bantuan meskipun bisa dikatakan tidak sebanyak penghasilan mereka dalam kondisi normal tapi bisa sedikit meringankan  beban para pedagang,” kata Bupati, mengutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Khusus obyek Wisata Pantai Klayar, tercatat ada 180 pelaku pariwisata. Terdiri dari para pedagang makanan, pedagang sovenir dan oleh-oleh, pemilik persewaan ATV  serta pemandu wisata.

Kepada seluruh masyarakat baik yang ada di Pacitan atau dari luar, Bupati berharap bisa bersabar untuk memendam rindu berwisata di bumi Paradise Of Java ini. Orang nomor satu di Pacitan itu yakin pada saatnya nanti pandemi akan berakhir maka obyek wisata akan dibuka kembali dan dapat dinikmati.

Dalam kesempatan kunjungan ini, Bupati juga menyerahkan bantuan kepada keluarga kurang mampu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pacitan T Andi Faliandra mengatakan pihaknya juga memasukkan para travel agen termasuk pemilik homestay yang ada di obyek wisata untuk menerima bansos. Sedangkan total pelaku Pariwisata di Kabupaten Pacitan mencapai 1.740 orang. (Red/humas)