Bupati Pacitan Serahkan Bansos untuk Warga di Kecamatan Nawangan

oleh -Dibaca 248 kali
SERAHKAN BANSOS. Bupati Aji saat menyerahkan bansos ke warga Nawangan pada Kamis (22/7/2021). (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji secara simbolis menyerahkan beragam bantuan sosial kepada masyarakat penerima manfaat di wilayah Kecamatan Nawangan, Kamis (22/07).

Bantuan tersebut meliputi Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI, PKH Plus Dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta bantuan beras sejahtera (Rastrada) dari program Grindulu Mapan.

“Pangapunten menika sekedik bantuan kagem panjenengan lan mugi-mugi pandemi COVID-19 menika enggal sirna (Mohon maaf ini ada sedikit bantuan  dan semoga pandemi COVID-19 ini segera sirna),” kata Bupati saat penyaluran bantuan,dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Adanya ragam bantuan sosial ini menurut Bupati, sangat bermanfaat bagi warga terutama warga tidak mampu.

Tidak lupa dimasa pandemi seperti saat ini Bupati Aji meminta masyarakat berhati-hati dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Wabah COVID-19 adalah nyata dan sampai saat ini masih terjadi penularan.

Sementara, menurut Koordinator PKH Kabupaten Pacitan Faredi, khusus program bantuan PKH dari Kementerian Sosial RI, jumlah sasaran untuk seluruh Kabupaten Pacitan sebanyak  22.568 dengan total bantuan sebesar Rp.13, 8 milyar lebih.

Bentuk bantuan sendiri beragam mulai dari bantuan untuk ibu hamil, anak usia 0 sampai 6 tahun, anak usia sekolah SD, SMP dan SMA, warga disabilitas berat serta lansia.

“Kita berusaha menyalurkan bantuan sosial ini tepat bulan, karena masyarakat sangat membutuhkan bantuan tersebut, apalagi  kondisi pandemi seperti saat ini,”katanya.

Selain PKH dari Kemensos RI ada juga program bantuan PKH Plus. Program ini merupakan salah satu program utama dari Nawa Bhakti Satya, khususnya Jatim Sejahtera Gubernur Jawa Timur yang sasarannya adalah lansia dan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD).

Khusus lansia, masing-masing mendapat bantuan Rp.500 ribu per bulan dan diterimakan tiap 3 bulan sekali melalui perbankan. Sedangkan ASPD masing masing mendapat Rp. 300 ribu per bulan diterimakan 3 bulan sekali dengan jumlah sasaran mencapai 2.362 .

Bantuan lainya adalah Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) yang merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Video Bupati Aji Siap Bersinergi Wujudkan Pacitan Bahagia dan Sejahtera, Bagaimana Caranya?