Bupati Pacitan Minta Penyaluran Bansos untuk Warga Libatkan Kearifan Lokal

oleh -Dibaca 448 kali
SERAHKAN BANSOS. Bupati bersama Dandim dan Kapolres saat menyerahkan secara simbolis bantuan PPKM, Jumat (23/7/2021). (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji meminta penyaluran bantuan sosial untuk warga terdampak pandemi COVID-19 mempertimbangkan kearifan lokal.

Menurut Bupati Aji, hal ini perlu dilakukan agar tidak muncul masalah sosial baru dimasyarakat akibat penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

“Saya minta penerima sasaran ini benar-benar dipetakan dengan teliti, karena melihat kemiskinan di Pacitan, khususnya di desa, perbedaanya sangat tipis,”kata Bupati Aji saat memberangkatkan secara simbolis bantuan sembako dari Kodim 0801/Pacitan, Jumat (23/7/2021), di Makodim Pacitan, Jalan Letjen R. Suprapto 42, Barean, Sidoharjo, Kecamatan Pacitan dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Baca juga: Bupati Pacitan Serahkan Bansos untuk Warga di Kecamatan Nawangan

Lebih lanjut, Bupati mengatakan dengan melibatkan kearifan lokal, hal itu sangat penting untuk menghindari penyaluran bantuan salah sasaran, tentu, dengan tidak meninggalkan aturan yang berlaku.

Bupati juga mengapresiasi langkah Kodim 0801/Pacitan yang melibatkan pemerintah desa serta Babinsa dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat.

“Benar kita akan melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas serta kepala desa terkait, siapa saja nanti yang berhak menerima bantuan soaial ini,”kata Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim.

Menurut Dandim, selain pemerintah daerah dan kepala desa  pihaknya juga akan berkolaborasi  dengan Polri karena juga memiliki program serupa.

Dandim mengatakan, kerjasama tersebut harus dilakukan agar tidak ada tumpang tindih bantuan. Bantuan dari TNI ini berupa sembako dengan sasaran masyarakat terdampak pandemi.