Pemprov Jatim Sediakan Depo Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Warga

oleh -Dibaca 325 kali
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaunching Depo Isi Ulang oksigen Gratis untuk masyarakat yang sedang Isoman (isolasi mandiri), bertempat di halaman kantor Dishub Prov Jatim. (Foto: Dok Pemprov Jatim)

Pacitanku.com, SURABAYA –  Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memastikan layanan kesehatan bagi pasien Covid-19 terlayani, salah satunya pemberian oksigen secara cuma-cuma.

Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaunching Depo Isi Ulang oksigen Gratis untuk masyarakat yang sedang Isoman (isolasi mandiri), bertempat di halaman kantor Dishub Provinsi Jatim.

Baca juga: Khofifah Apresiasi Langkah Cepat RS Respon Aksi Jemput Bola Oksigen Medis

Khofifah menegaskan, isi ulang ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan ambulance yang membutuhkan suplai isi ulang oksigen.

“Kita menyiapkan aplikasi, kita menyiapkan call center, untuk menghindari penumpukan dari mereka yang membawa tabung oksigen,” ujarnya, Sabtu (17/7/2021) dikutip laman Kominfo Pemprov Jatim.

Oleh karena itu, Khofifah minta agar masyarakat yang membutuhkan oksigen, untuk bisa mengkoordinasikan lewat aplikasi dan call center yang ada. Kali ini depo isi ulang dibuka di lapangan Dishub Provinsi Jawa Timur.

“24 jam, sementara disiapkan 500 m³, untuk 500 tabung oksigen atau silinder kapasitas 1 m³. Tetapi kita punya stok yang cukup, artinya itu bisa ditambahkan,” imbuhnya.

Selain di halaman kantor Dishub Jatim, depo isi ulang oksigen juga akan dibuka di Sidoarjo, kemudian di halaman SAMSAT Gresik dengan kapasitas yang sama. Bahkan, Khofifah berjanji akan menambahkan jika kapasitas kurang.

“Tetapi seandainya 500 M³ berarti untuk 500 tabung oksigen atau silinder 1 M³ itu tidak mencukupi, maka kita akan menambahkan, karena kita Insya Allah cukup,”tandas dia.

Depo isi ulang oksigen ini dirasakan manfaatnya oleh Irvan warga Sidotopo. Ia sedang mengantre mengisi ulang oksigen untuk iparnya yang sedang terpapar Covid-19.

“Kemarin kita nyari refilnya aja, stoknya kosong terus. Dengan adanya ini pendaftarannya sangat mudah,”kata dia.