Pemkab Pacitan Gelar Dzikir dan Doa Bersama Agar Terbebas dari COVID-19

oleh -Dibaca 514 kali
IKHTIAR BATIN. Bupati Aji saat memberikan sambutan dalam doa bersama pada Kamis (15/7/2021) malam. (Foto: Tangkapan layar Youtube Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam rangka upaya terbebas dari pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Salah satunya adalah kegiatan dzikir dan doa yang digelar oleh Pemkab Pacitan dan warga Pacitan secara online yang dilakukan di tempat tinggal masing-masing pada Kamis (15/7/2021) malam. Kegiatan itu digelar secara virtual melalui zoom meeting dan siaran langsung melalui youtube Pemkab Pacitan.

Dalam kegiatan bertajuk dzikir dan doa bersama memohon keselamatan masyarakat Pacitan agar terhindar dari pandemic COVID-19 tersebut, turut hadir Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho dan sejumlah tamu undangan.

Selain itu turut hadir pengasuh Pondok Pesantren Tremas KH Luqman Hakim Attarmasie yang memandu jalannya dzikir dan doa bersama.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan ikhtiar batin yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan ikhtiar fisik atau lahir berupa penerapan protokol kesehatan dan PPKM darurat yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Acara malam hari ini adalah bentuk ikhtiar kita bersama,”kata Bupati Aji dalam sambutannya.

Menurut Bupati Aji, ikhtiar lahir sudah dilakukan sejak pandemi COVID-19 ini ada dan sejak ada PPKM darurat.

“Kita terus menerus melaksanakan protokol kesehatan terus menerus mengajak masyarakat untuk bisa hidup sehat dan selalu waspada tapi juga tidak perlu panik,”jelasnya.

Selain ikhtiar lahir, menurut Bupati Aji, penanganan pandemi juga perlu dilaksankaan ikhtiar secara batin atau memohon doa kepada Allah SWT.

Nah, ikhtiar batin kita lakukan pada malam hari ini dan saya berharap akan terus dilakukan, karena Insyaallah ketika kita berdoa dengan sungguh-sungguh, berikhtiar dengan sungguh-sungguh, Allah SWT akan menjawab doa kita semua,”jelasnya.

Dalam kegiatan itu, Bupati juga mengajak seluruh peserta untuk mendoakan kepada para leluhur dan para pemimpin serta para korban pandemi COVID-19.

“Doa alfatihah kepada nabi Muhammad, kepada seluruh sesepuh leluhur dan seluruh pemimpin di Pacitan ini dan yang selanjutnya kepada seluruh masyarakat serta kepada seluruh korban pandemi COVID-19 yang telah mendahului,”kata mantan Ketua DPRD Pacitan itu.

Tak lupa Bupati juga mengapresiasi kegiatan dzikir dan doa bersama untuk keselamatan warga Pacitan tersebut.

“Terimakasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerelaan dan keihklasan untuk melaksanakan dzikir dan doa untuk keselamatan kita semua khususnya keselamatan dan kesehatan masyarakat Pacitan,”pungkasnya.

(red/DP)

Video PPKM Darurat di Pacitan untuk Kebaikan Bersama