Jadi Pemateri di Latsar CPNS, Bupati Pacitan Ceritakan Pengalaman Jadi Honorer Hingga Ikut Tes CPNS

oleh -Dibaca 755 kali
PEMATERI LATSAR. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat menjadi pemateri Latsar CPNS Pacitan pada Jumat (16/7/2021). (Foto: Dok Instagram @inb_indratanurbayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan rangkaian Pendidikan dan Latihan dasar (Latas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Pacitan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pacitan pada Jumat (16/7/2021).

Dalam pemaparan yang digelar secara virtual itu, Bupati Aji memaparkan materi tentang profesionalisme birokrasi.

Selain itu,dirinya juga menceritakan pengalaman dirinya menjadi pegawai honorer di Dinas Pariwisata hingga pengalaman menjadi guru dan sempat ikut seleksi CPNS.

“Dalam kesempatan ini saya juga berbagi pengalaman saya ketika menjadi pegawai honorer di Dinas Pariwisata, Guru PAUD/TK dan ketika saya ikut Test CPNS namun gagal,”kata Bupati Aji dikutip dari laman instagramnya di @inb_indratanurbayuaji, Jumat.

Secara khusus, dirinya meminta kepada para CPNS dan juga seluruh ASN untuk bersyukur karena menjadi abdi masyarakat.

“Untuk itu saya minta kepada para CPNS Pemkab Pacitan dan juga seluruh ASN Pemkab Pacitan untuk bersyukur karena telah diberikan kehormatan menjadi abdi masyarakat dan abdi negara dengan bekerja secara profesional dan sepenuh hati, tidak cuma sebatas formalitas dan menggugurkan kewajiban saja,”paparnya.

Menurut Bupati Aji, ASN adalah elemen utama yang berperan dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Sehingga profesionalisme adalah hal yang wajib dimiliki oleh seseorang di dunia kerja terutama bagi ASN selaku abdi negara dan abdi masyarakat,”ujar Bupati Aji.

Menurut dia, profesionalisme dapat diukur dari beberapa faktor yaitu kreatifitas, inovasi, dan responsifitas.

“Ketiga faktor tersebut jika dapat bersinergi dengan baik dalam diri seorang PNS/ASN akan menghasilkan kecepatan dalam menjalankan fungsi dengan tetap mengacu kepada prosedur yang telah disederhanakan atau dalam bahasa sehari-hari saya sering menggunakan istilah sat set wat wet,”pungkasnya. (red/DP)

Video Bupati Aji Siap Bersinergi Wujudkan Pacitan Bahagia dan Sejahtera, Bagaimana Caranya?