Kabar Duka, Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia

oleh -Dibaca 698 kali
Ki Manteb Sudarsono. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, KARANGANYAR – Kabar duka datang dari dunia seni dan pewayangan di Indonesia. Adalah dalang kondang tanah air, Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia pukul 09.45 WIB, Jumat (2/7/2021) dalam usia 72 tahun.

“Ya Allah. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un… Satu lagi sosok panutan meninggalkan kita. Insyaallah husnul khatimah. Sugeng kondur, Ki Manteb Sudarsono. Sugeng pinanggih Guru Sejati,”kata gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo dalam akun twitternya, Jumat (2/7/2021).

Belum diketahui dengan jelas penyebab meninggalnya Ki Manteb. Ki Manteb Sudarsono lahir di di Palur, Mojolaban, Sukoharjo pada 31 Agustus 1948.

Baca juga: Kala Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Sukses Hibur Ribuan Warga Pacitan

Ki Manteb adalah dalang senior dan sekaligus dalang terkenal dari Jawa Tengah. Semasa aktif di dunia pedalangan, Ki Manteb mendapat julukan dalang setan lantaran kehebatannya memainkan tokoh wayang.

Sabetannya saat memainkan wayang sangat kuat. Gaya sabetnya yang terkenal hingga dia menjabat julukan ‘dalang setan’ karena kepiawaian dan kecepatan memainkan anak wayang, terutama dalam adegan perang.

Gaya sabetannya ini diteruskan oleh Ki Seno Nugroho, yang sudah dianggapnya seperti anaknya sendiri. Ki Seno sudah meninggal pada 2 November tahun lalu.

Ki Manteb juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Pada 2 Agustus 2019, Ki Manteb Sudarsono pernah mendalang di Istana Merdeka dengan judul Kresna Jumeneng Ratu. Ki Manteb kemudian menyerahkan tokoh wayang Kresna kepada Presiden Jokowi.

Ki Manteb Sudarsono sendiri beberapa kali tampil di Pacitan. Seperti pada tahun 2017 lalu, Ki Manteb Sudarsono di Pacitan membawakan lakon “Banjaran Bima” saat momen Hari Jadi Pacitan kala itu.