Polres Pacitan Luncurkan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Desa Sumberharjo

oleh -Dibaca 307 kali
SIAP PERANGI NARKOBA. Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono saat memberikan sambutan dalam launching kampung tangguh bersih narkoba di Desa Sumberharjo, Pacitan. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Pacitan menggandeng sejumlah elemen masyarakat dan lembaga pemerintahan meluncurkan kampung tangguh bersih narkoba di Desa Sumberharjo, Kecamatan Pacitan.

Peluncuran kampung Tangguh bersih narkoba tersebut langsung dilakukan oleh Kepala Polres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono pada Rabu (16/6/2021) di Balai Desa Sumberharjo, Kecamatan Pacitan.

“Dengan ini, pada hari ini, Rabu 16 Juni 2021 pukul 13.35 WIB, kampung tangguh bersih narkoba di Desa Sumberharjo saya nyatakan resmi dilaunching,”kata Kapolres saat meluncurkan kampung Tangguh bersih narkoba yang pertama di Pacitan itu.

Menurut Kapolres, peluncuran kampung tangguh bersih narkoba ini dilaunching beriring dengan kampung tangguh semeru dan beriring juga dengan posko PPKM Mikro. Dimana, kata Kapolres, baik penanganan COVID-19 dan penanganan narkoba juga penting.

“Narkoba kita tangani untuk mencegah generasi muda kita rusak di kehidupan masa depan, karena sejatinya memang narkoba ini berbahaya bagi kehidupan masa depan bangsa, karena narkoba merusak akal pikiran,”jelas Kapolres saat memberikan sambutannya.

Sehingga,dengan adanya kampung tangguh bersih narkoba ini, Kapolres berharap kepada jajaran Desa Sumberharjo untuk melaporkan jika ada masyarakatnya yang terindikasi kena narkoba.

“Oleh karena itu dengan adanya kampung tangguh narkoba ini mohon Mbah Lurah (Kades Sumberharjo, red) dan seluruh hadirin, apabila ada indikasi masyarakatnya yang kira-kira sudah miring-miring, yang kira-kira sudah goyang-goyang yang maksudnya mulai sakau lah, atau kelihatan ada perubahan, dan ada informasi saja yang bersangkutan memakai narkoba, tolong diinformasikan saja,”paparnya.

Kapolres mengatakan, peran serta dari masyarakat sangat penting untuk membantu aparat penegak hukum memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Kapolres berjanji, masyarakat yang menginformasikan juga akan dilindungi identitasnya oleh petugas.

“Jadi dimohon peran serta dari masyarakat, apabila ada yang terindikasi sepertinya memakai narkoba seperti ganja, sabu dan lain sebagainya, ndak apa-apa, informasikan secara pribadi saja agar kita bisa ngecek secara pribadi juga, dan identitas pemberi informasi kita akan tutupi atau kita lindungi, jadi untuk kepribadian pelapor tersebut bisa terjaga bisa sampaikan ke Pak Kades, nanti pak Kades secara pribadi ke saya atau ke Kasat Narkoba, agar yang bersangkutan bisa dicek,”jelas Kapolres.

Dalam kegiatan launching tersebut, Kapolres juga memimpin pembacaan enam poin deklarasi pernyataan dukungan kampung tangguh bersih narkoba. Pembacaan deklarasi tersebut diikuti oleh seluruh peserta, baik dari lembaga pemerintah, organisasi masyarakat, tokoh agama maupun tokoh masyarakat setempat.

Adapun poin pertama adalah memerangi dan menolak segala bentuk bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Jawa Timur.

Kemudian yang kedua adalah mendukung dan menghargai seluruh usaha pemerintah, penegak hukum, Kepolisian, TNI, BNN, Kejaksaan, Kementerian Hukum dan HAM, bea dan cukai, tokoh agama, komponen masyarakat dan ormas, dalam memerangi bahaya penyalahgunaan peredaran narkoba dengan segala akibat yang ditimbulkannya.

Selanjutnya yang ketiga, menndukung dan mendorong penegak hukum, lembaga, instansi terkait tokoh agama, tokoh masyarakat dan ormas untuk melakukan pencegahan, penanggulangan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba melalui program kampung tangguh bersih narkoba di wilayah Jawa Timur.

Poin keempat adalah akan bertekad dan mendukung serta mewujudkan progam-progam pemerintah dalampengkaderan relawan atau pemuda pemudi anti narkoba untuk bersatu perang melawan narkoba di Jawa Timur.

Poin kelima adalah mewujudkan kabupaten Pacitan, kecamatan Pacitan kota, Desa Sumberharjo hidup sehat tanpa narkoba. Dan poin terakhir adalah menciptakan generasi Indonesia hidup sehat, aktif, sportif, inovatif serta berpartisipasi tanpa narkoba.

Dalam kegiatan peluncuran kampung tangguh bersih narkoba itu juga diserahkan bantuan sosial oleh Kapolres Pacitan kepada sejumlah warga Desa Sumberharjo, Kecamatan Pacitan.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Polres Pacitan Ringkus Pengedar dan Petani Ganja Lintas Provinsi