Bupati Aji Jelaskan Rencana Perubahan SOTK, Ingin Wujudkan Birokrasi yang Efektif dan Efisien

oleh -Dibaca 473 kali
PERUBAHAN SOTK. Bupati Aji saat memberikan paparan dalam rapat paripurna DPRD Pacitan pada Kamis (10/6/2021). (Foto: Dok Instagram/@inb_indratanurbayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menghadiri paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan dengan agenda penyampaian nota penjelasan atas tiga rancangan Peraturan Daerah pada Kamis (10/6/2021).

Salah satu agenda tiga rancangan Peraturan Daerah itu adalah tentang Perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Perangkat Daerah.

Baca juga: Ketua DPRD Pacitan Sepakat Rencana Pemangkasan SOTK Pemkab

Ada beberapa alasan mengapa Bupati Aji hendak mengubah Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Pacitan, dimana salah satunya adalah persoalan efektifitas kerja mewujudkan visi dan misinya.

“Tantangan kita hari ini sebagai pelayan masyarakat kita harus profesional, cepat, dan solutif dalam membuat perubahan, oleh sebab itu dengan struktur yang baru nanti saya berharap Pemerintah Daerah akan lebih efektif dan efisien dalam mewujudkan visi dan misi kami, yaitu masyarakat Pacitan yang Sejahtera dan Bahagia,”kata Bupati Aji, seperti dikutip dari laman Instagram resminya di @inb_indratanurbayuaji, Kamis (10/6/2021).

Menurut Bupati Aji, rancangan Struktur Organisasi Perangkat Daerah yang diajukan ke DPRD kabupaten Pacitan jauh lebih ramping dari struktur organisasi sebelumnya.

“Dengan harapan ke depan kita bisa melakukan penghematan untuk kemudian penghematan tersebut kita pergunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sebagaimana tagline kampanye saya utamakan rakyat,”pungkasnya.

Sebelumnya, rencana pemangkasan SOTK ini disinggung Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono saat dikonfirmasi awak media pada Kamis (27/5/2021) lalu.

Menurut Ronny, pemangkasan SOTK itu dianggap urgen karena berkaitan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Atas dasar itu, dirinya menyepakati rencana pemangkasan SOTK oleh Bupati Pacitan. (red)