Ketua DPRD Pacitan Sepakat Rencana Pemangkasan SOTK Pemkab

oleh -10376 views
Pendopo Kabupaten Pacitan
Pendopo Pemerintah Kabupaten Pacitan. (Foto: Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono sepakat terkait adanya rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan yang akan memangkas Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

“(Rabu, red) kemarin dikirimkan draf raperda SOTK, pada intinya dari rumor yang beredar ada pemangkasan (SOTK), kami sepakat ada hal tersebut, istilahnya nanti lebih kecil tapi banyak fungsi atau miskin struktur kaya fungsi,”kata Ronny saat dikonfirmasi awak media, Kamis (27/5/2021) di Pacitan.

Menurut Ronny, dengan adanya pemangkasan SOTK, hal itu akan menghemat anggaran Pemkab. “Karena itu nanti akan menghemat anggaran, tentu saja kita harapkan kinerjanya tetap jalan, tinggal bagaimana fungsi manajemen daripada masing-masing OPD tersebut,”tandas dia.

Untuk penetapan SOTK yang baru, kata Ronny, akan ada pembahasan dari Pemkab yang sudah membuat satu draft dan disampaikan kepada DPRD.“Nanti dibahas bersama, bentuknya raperda akan kita bahas bersama,”ujarnya.

Menurut Ronny, pemangkasan SOTK itu dianggap urgen karena berkaitan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Saya rasa ini urgen karena berkaitan dengan RPJMD, kita menetapkan target dari OPD, musim COVID ini anggaran agak kecil makanya harus berhemat, bekerja dengan efektif dan efisien, di sisi lain mumpung banyak yang pensiun, sehingga tidak mengorbankan seseorang.semua tetap mendapatkan tempat,”jelasnya.

Secara khusus, Ronny juga berharap ada masukan dari masyarakat terkait adanya rencana pemangkasan SOTK tersebut.

“Kita butuh masukan dari masyarakat melalui media ini, kami siap menerima masukan dari masyarakat,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Shalahuddin
Editor: Dwi Purnawan