Desa Gendaran Donorojo, Wilayah Tanpa Sinyal Tapi Bisa Video Call

oleh -101.079 views
Kades Gendaran Donorojo Wulan Fitriana. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, DONOROJO – Upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Gendaran, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan untuk mencegah warganya yang merantau agar tidak mudik lebaran, patut diacungi jempol.

Pasalnya, bisa dikatakan hampir 95% warga rantau, tertib melaksanakan perintah larangan mudik dalam rangka pencegahan meluasnya wabah COVID-19.

Kesadaran warga Desa Gendaran untuk tidak mudik tahun ini, dipicu oleh hadirnya sarana internet yang bisa menembus sampai pelosok desa.

Warga Gendaran merasa sangat terbantu dan terhibur, karena bisa bersilahturahmi dengan sanak saudara yang jaraknya ratusan kilometer dari desa Gendaran.

“Disini sinyal telepon gak ada. Kalau mau telepon keluarga harus keluar dusun untuk mencari sinyal. Sekaranh ada internet. Tidak bisa telepon tapi malah bisa video call. Bisa tatap muka dengan keluarga yang merantau,”kata Tumadi, Kepala Dusun Duwet, Desa Gendaran, pada Kamis (20/5/2021).

Sukacita warga karena bisa melakukan video call atau telepon video dengan keluarga saat lebaran, cukup sebagai obat rasa kangen saudara dari jauh. Bukan hanya bisa mendengar suara saja, namun bisa melihat secara langsung wajah dan kondisi mereka.

“Di Dusun Duwet itu sama sekali tidak ada sinyal telepon, warga selama ini kesulitan berkomunikasi dengan sanak saudara. Makanya dengan adanya internet ini, mereka tidak perlu telepon, cukup dengan internet malah bisa video call,”jelas Kepala Desa Gendaran Wulan Fitriana.

Menurut Wulan, saat ini bisa dipastikan beberapa dusun di desa Gendaran sudah bisa terakses jaringan internet.

“Alhamdulillah, usaha kami menyambungkan internet disini (Desa Gendaran, red) cukup bisa menekan mudik lebaran. Biar gak ada sinyal tapi kan bisa video call,”pungkas Kades kepada pewarta.

Pewarta: Julian Tondowisudo
Editor: Dwi Purnawan

warga Gendaran memanfaatkan layanan video call untuk silaturahmi Lebaran.