Bupati Aji Minta Peran dan Masukan Semua Pihak Dalam Penyusunan RPJMD

oleh -0 Dilihat
RANCANG RPJMD. Bupati Aji saat membuka konsultasi publik rancangan awal RPJMD di Pacitan, Rabu (28/4/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji meminta peran dan masukan semua pihak dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pacitan tahun 2021-2026.

Menurut pria yang akrab disapa Aji ini, RPJMD adalah syarat penting menentukan pembangunan Pacitan lima tahun kedepan.

“RPJMD adalah syarat penting dan menentukan untuk pembangunan kita dalam 5 tahun kedepan,”kata Bupati Aji saat membuka acara konsultasi publik dalam rangka penyusunan rancangan awal RPJMD Kabupaten Pacitan Tahun 2021-2026, Rabu (28/04) di Gedung Karya Dharma, dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Menurut dia, dengan pentingnya konsultasi publik dalam rancangan awal RPJMD, penting peran aktif segenap komponen untuk memberikan masukan demi sempurnanya penyusunan RPJMD.

Aji juga meminta dukungan semua unsur serta segenap komponen masyarakat turut berpartisipasi dalam proses pembangunan. Baik dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan.

“Tantangan kita kedepan tidak semakin mudah, perlu ada peningkatan kinerja guna mengejar ketertinggalan,”tandasnya.

Guna menjawab tantangan tersebut lanjut bupati,  RPJMD harus sesuai dengan penjabaran visi dan misi bupati dan wakil bupati.

Untuk mewujudkannya RPJMD tahun 2021-2026 mengarah pada 7 sasaran  strategis. Yakni, pembangunan infrastruktur, penanganan kemiskinan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, pembangunan sosial budaya masyarakat, peningkatan perekonomian serta birokrasi pemerintahan.

Konsultasi publik dalam rangka penyusunan rancangan awal RPJMD Kabupaten Pacitan tahun 2021-2026 diikuti oleh berbagai unsur. Mulai dari para kepala OPD, Camat, Kades, tokoh masyarakat, ketua ormas, organisasi kepemudaan, organisasi sosial, organisasi wanita, organisasi profesi serta perguruan tinggi.