Dana Hibah Rp 9 M untuk Pembangunan Museum SBY dan Galeri Seni Ani Dibatalkan

oleh -0 Dilihat
Ke Museum. Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat berdialog dengan salah satu pekerja di museumSBY dan galeri seni Ani pada Ahad (18/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyebut dana hibah diduga bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang diberikan kepada Yudhoyono Foundation akhirnya dibatalkan.

“Pada bulan Februari ini ada surat dari Provinsi yang intinya supaya dana itu dikembalikan, alasannya karena seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020. Saat ini uang sudah dikembalikan kemarin, jadi tidak masuk rekening APBD Pacitan,”kata Bupati Indartato saat dikonfirmasi awak media, Selasa (23/2/2021) di Pacitan.

Baca juga: Museum dan Galeri SBY-ANI Jadi Daya Tarik Wisata Baru di Pacitan

Alasan pengembalian itu, kata Indartato, diakui bukan karena desakan viralnya di unggahan media sosial twitter beberapa waktu lalu. Hal itu, kata Indartato, karena persoalan administrasi yang belum selesai.

“Itu bukan (karena viralnya unggahan di medsos), tapi kita kan mawas diri, kita bersyukur karena diawasi, tapi kita lebih hati-hati karena administrasinya belum selesai, sehingga kami tidak berani mencairkan,”tandas Indartato.

Kebetulan, imbuh Bupati Pacitan dua periode ini, Provinsi sudah menarik uang tersebut, sehingga penggunaan dana hibah untuk pembangunan museum dan galeri seni SBY-Ani tersebut dibatalkan.

“Uang itu dikembalikan kemarin, karena kami juga diperiksa juga. Uang itu dari anggaran 2020 harapannya bisa digunakan untuk 2021, kami memohon izin kepada Provinsi tapi sampai saat ini izin belum keluar sehingga kami juga tidak berani mengeluarkan. Dan pengembalian dana tersebut atas surat dari provinsi,”jelas Indartato.

Keputusan Pemprov Jatim menarik kembali dana dengan skema Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tersebut tertuang pada surat tertanggal 16 Februari 2021, nomor 910/350/201.2/2021. Perihal Penarikan Kembali Bantuan Keuangan Khusus Kabupaten Pacitan Pada Perubahan APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2020.

Untuk diketahui, tudingan pemberian dana hibah itu pertama kali muncul dalam sebuah unggahan di media sosial. Dalam unggahan itu disebut dalam APBD Kabupaten Pacitan 2021, terdapat anggaran hibah sebesar Rp 9 miliar untuk Yudhoyono Foundation.

“Jadi Rp 9 miliar ini adalah bantuan keuangan khusus dari Pemprov kepada Pemkab yang pemanfaatannya adalah untuk pembangunan museum Bapak SBY dan Ibu Ani,”pungkasnya.

Museum dan Galeri SBY-Ani dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare di Jalan Lintas Selatan, Kelurahan Ploso, Pacitan. Luas total bangunan museum sekitar 7.500 meter persegi.

Musem SBY-Ani tersebut terdiri dari puluhan ruangan. Sebagian besar menampilkan pernak-pernik yang berkaitan dengan perjalanan SBY, seperti rangkaian cerita sejak SBY menghabiskan masa muda di Pacitan hingga menapaki karir di dunia militer.

Selain museum, juga ada Galeri Seni Ani yang akan menampilkan koleksi seni dan foto hasil jepretan Ibu Ani. Selain berupa foto lanskap, karya lain berupa foto humanistik juga akan dipajang menghiasi ruangan yang ada.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

https://youtube.com/watch?v=pBGEbf6UQls