Peringati HPN, PWI Pacitan Minta Wartawan Kedepankan Edukasi

oleh -Dibaca 228 kali
PERINGATI HPN. Ketua PWI Pacitan Sujarismanto saat wawancara dengan awak media, Selasa (9/2/2021). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pacitan 2020-2023 Sujarismanto meminta para jurnalis untuk mengedepankan edukasi dalam melaksanakan tugasnya.

“Pesan kami, wartawan tidak sekedar manjaga independen dan profesionalitas. Tetapi harus mengedepankan edukasi. Ini sebagai upaya kita untuk turut serta mencerdaskan bangsa,”kata pria yang merupakan jurnalis JTV Pacitan ini, saat kegiatan sosial dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 ini, Selasa (9/2/2021) di Pacitan.

Baca juga: Peringati HPN, PWI Pacitan Deklarasi Siap Disuntik Vaksin

Selain fungsi edukasi, menurut Jaris, wartawan juga harus menjadi penerang bagi masyarakat.

“Wartawan juga harus jadi penerang. Wartawan harus bisa menjadi pencerah terhadap banyak pertanyaan yang muncul ditengah masyarakat,”tukasnya.

Disisi lain, pada masa pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19) ini, Jarismengatakan peran media semakin penting, salah satunya menangkal disinformasi.

“Dan pada pandemi COVID-19 ini peran media sangat dibutuhkan untuk menangkal berbagai diisinformasi dan berita hoaks,”tandasnya.

hari pers bukan hanya untuk wartawan dan pekerja media tetapi untuk seluruh warga masyarakat Indonesia.

Pada momen hari pers ke 75 ini, Jaris mengatakan sejumlah agenda PWI Pacitan digelar sederhana dan menjalankan protokol kesehatan.

“Jadi hari ini hari pers nasional dan hari ulang tahun PWI ke 75, kami memaknai hari pers hari ini kita melakukan kegiatan berbagi nasi kotak di sekitar alun-alun untuk pengayuh becak, kami juga menyatakan siap divaksin selama persedian vaksin ada untuk awak media,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.