Disebut Kembali Jabat Plt Kadinkes Pacitan, dr Hendra: Saya Belum Dapat Kabar

oleh -1 Dilihat
Plt Kepala Dinas Kesehatan Pacitan dr Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Sosok dr Trihariadi Hendra Purwaka yang sempat menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan kembali dikabarkan mengisi pos jabatan Plt Kadinkes Pacitan tersebut.

Namun demikian, pria yang akrab disapa dr Hendra ini justru belum mengetahui kabar tersebut dari Bupati atau Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan.

“Mohon maaf saya secara pribadi sampai sekarang, saat ini belum dapat kabar langsung dari Bapak Bupati maupan Bapak Sekretaris Daerah, apalagi Surat Keputusan (SK), saya belum menerima,”kata dr Hendra, saat dihubungi Pacitanku.com, Selasa (20/1/2021).

Jika kabar penunjukan dirinya kembali sebagai Plt Kadinkes tersebut benar, dr Hendra menyebut hal itu adalah amanah yang besar dan berat.

“Innalillahi wainnailaihirooji’uun, Itu kalau benar merupakan amanah yang besar dan berat, Semoga Allah SWT memberi taufiq hidayah dan inayah serta membawa berkah untuk kita semua,”ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (PPKB) dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pacitan itu.

Terpisah, Bupati Pacitan Indartato saat dikonfirmasi mengatakan belum ada keputusan terkait jabatan Plt Kadinkes yang dikabarkan kembali dijabat oleh dr Hendra. “Dereng (belum ada keputusan, red),”ujar Indartato, singkat.

Sebagai informasi, dr Hendra sebelumnya ditunjuk sebagai Plt Kadinkes sekitar bulan Maret 2020 lalu dan mengisi jabatan yang kosong di Dinkes usai Kadinkes sebelumnya memasuki masa purna tugas.

Sekitar enam bulan menjabat sebagai Plt Kadinkes, dr Hendra kemudian meletakkan jabatannya sebagai Plt Kadinkes Pacitan setelah didesak mundur oleh jurnalis yang tergabung dalam Forum Pewarta Pacitan (FPPA) pada Senin (28/9/2020) lalu.

Jabatan Plt Kadinkes Pacitan kemudian diisi oleh dr Iman Darmawan yang juga direktur RSUD dr Darsono Pacitan.

Namun seiring beban dr Iman Darmawan yang merangkap sebagai direktur RSUD dr Darsono, Bupati Pacitan Indartato masih mencari sosok pengganti dr Iman Darmawan sebagai Plt Kadinkes melalui Badan pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Saat ini, pekerjaan rumah Dinkes Pacitan sendiri masih cukup berat. Salah satu yang utama adalah untuk menangani pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan yang total paparannya sudah menyentuh angka 1.223 per Selasa (19/1/2021) kemarin, sejak pasien pertama diumumkan pada April 2020 lalu.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan