Bupati Pacitan Canangkan Glinggangan Pringkuku Sebagai Perintisan Kampung Lele

oleh -10120 views
Bupati Indartato saat melepas benih lele di Desa Glinggangan Pringkuku, Kamis (14/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Bupati Pacitan Indartato mencanangkan Desa Glinggangan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan sebagai rintisan kampung lele.

Awalnya, di kawasan tersebut hanya dua kolam mandiri, Desa Glinggangan Kecamatan Pringkuku kini menjadi desa Rintisan Kampung Lele. Desa dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya petani itu kini memiliki sumber pendapatan lain dari budidaya ikan lele.

Pencanangan Desa Glinggangan sebagai Perintisan Kampung Lele dilakukan langsung Bupati Pacitan Indartato, Kamis (14/1/2021).

Kini pembudidaya ikan lele di Desa Glinggangan sudah berkembang dengan pesat. Memanfaatkan lahan dan pekarangan yang kurang produktif masyarakat setempat mengubahnya menjadi kolam kolam budidaya dibawah binaan Dinas Perikanan Pacitan.

“Saya bangga dengan semangat dan tekad masyarakat Desa Glinggangan dan semoga budidaya ikan lele ini lebih berkembang,”kata Indartato, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Orang nomor satu di Pacitan itu juga mengapresiasi Dinas Perikanan dalam memberikan pendampingan serta pembinaan kepada masyarakat dan terbukti berhasil. Dia berharap keberhasilan kampung lele nantinya akan menular ke desa desa lain di Kabupaten Pacitan.

Saat ini jumlah kolam budidaya ikan lele di Desa Glinggangan telah berkembang menjadi 94 kolam. 4 kolam diantaranya sudah siap panen dengan kapasitas masing masing kolam sebanyak 1000 ikan lele.

“Ini semua tidak lepas dari bantuan dan pembinaan dari Dinas Perikanan sehingga dapat berkembang dengan baik,”kata Kades Glinggangan Wahono.

Selain kolam, budidaya Desa Glinggangan juga memiliki sarana rekreasi berupa kolam pemancingan. Menandai pencanangan Desa Glinggangan sebagai desa perintisan kampung lele, Bupati Indartato melakukan pelepasan 200 bibit ikan lele ke kolam.

Bupati juga menyerahkan bantuan beras kepada 5 keluarga miskin serta penyerahan program bantuan relokasi rumah dari BPBD kepada 3 kepala keluarga.