Kenangan SBY dengan Syekh Ali Jaber: Mendengarkan Ceramahnya, Hati Saya Tenteram

oleh -106 views

Pacitanku.com, JAKARTA — Kabar duka datang dari ulama kondang tanah air, Syekh Ali Jaber yang meninggal dunia. Banyak yang kehilangan terhadap sosok ulama kondang tersebut, salah satunya adalah Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dengan rasa duka yang mendalam, saya mendoakan kiranya Allah Swt menerima berpulangnya hambaNya yg soleh ~ Syekh Ali Jaber. Semoga sang Kholik juga menerima segala amal ibadah almarhum dan husnul khatimah,”kata pria yang akrab disapa SBY ini melalui akun facebooknya, SBY.

SBY sendiri mengenal sosok Syekh Ali Jaber sebagai ulama yang teduh dengan syiar yang mencerdaskan umat.

“Saya mengenal almarhum sebagai ulama yg teduh. Syiar & fatwanya mencerdaskan umat. Tutur kata Syekh Ali Jaber jauh dari kebencian (hatred) & juga bukan permusuhan (hostility). Mendengarkan ceramahnya, hati saya tenteram & bersyukur karena itulah ajaran Islam yang sejati,”tandasnya.

SBY sendiri memiliki kenangan bersama sosok Syekh Ali Jaber saat menjenguk almarhumah Ibu Ani Yudhoyono saat dalam perawatan di Singapura.

“Syekh Ali Jaber menyempatkan waktu untuk menjenguk dan mendoakan istri tercinta Ani Yudhoyono ketika sedang dirawat di Singapura. Saat itu, saya dengarkan tausiah yg sejuk agar saya tetap kuat, tabah dan sabar dalam menerima cobaan dan ujian Allah Swt. Selamat jalan sahabatku,”pungkas SBY.

Ucapan duka juga disampaikan putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atas kepergian Syekh Ali Jaber.

“Innalilahi wa inna ilaihi roji’un. Saya atas nama pribadi maupun keluarga besar Partai Demokrat turut berduka cita atas berpulangnya Syekh Ali Jaber pagi ini. Semoga husnul khatimah. Kita semua kehilangan,”kata AHY.

Sebagai informasi, kabar meninggalnya Syekh Ali Jaber ini juga dituliskan di akun Instagram @yayasan.syekhalijaber.

“Telah Wafat Guru kita, SYEKH ALI JABER (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber) Di RS Yarsi Hari ini, 14 Januari 2021 1 Jumadil Akhir 1442 H Jam 08.30 WIB dalam keadaan Negatif Covid. Kita ikhlaskan kepulangan beliau kepada Rabbnya. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Semoga diterima segala amal shaleh beliau,”jelasnya.

Sebelumnya, Syekh Ali Jaber dilaporkan semakin menunjukkan perkembangan yang baik. Selama dirawat intensif karena Covid-19 sejak Selasa (29/12/2020) lalu, kesehatan dai kelahiran Madinah ini terus memperlihatkan perkembangan baik setiap harinya.