Cerita Isni Raharjo Mentoro yang Rumahnya Rusak Diterjang Longsor

oleh -10170 views
Rumah milik Isni yang rusak diterjang longsor di Mentoro pada Rabu (13/1/2021) malam. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bencana alam tanah longsor kembali terjadi di wilayah Pacitan pada Rabu (13/1/2021) malam.

Kali ini, bencana alam tersebut terjadi dan menimpa rumah milik Isni Raharjo, warga RT/RW III Dusun Ndungkulan Desa Mentoro, Kecamatan Pacitan.

“Kejadiannya Rabu semalam sekitar jam 8 malam, waktu itu saya dan istri sedang dirumah,”kata Isni, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Kamis (14/1/2021) di Pacitan.

Dinding rumah milik Isni jebol akibat tertimpa material longsor pada Rabu malam 13 Januari 2021 sekitar pukul 20.00 WIB. Akibatnya, dinding rumah Isni jebol dan material longsor masuk ke dalam rumahnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. Namun, akibat diterjang longsor, sejumlah bagian rumah Isni mengalami kerusakan. Pada Rabu malam, sekitar pukul 22.00 WIB, Isni bersama keluarganya sempat mengungsi ke rumah saudaranya.

“Sekitar jam 10 (malam) kami sempat mengungsi ke atas, ke rumah simbah,”ujar Isni.

Relawan gabungan bersihkan longsor

Relawan PKS membagikan bantuan kepada Isni Raharjo korban longsor, Kamis (14/1/2021). (Foto: Putro Primanto)

Selanjutnya, pada Kamis (14/1/2021) sejumlah relawan gabungan dan warga setempat melakukan kerja bakti membersihkan sisa-sisa material longsor di rumah Isni.

“Giat kerja bakti hari ini, dirumah  keluarga bapak Isni rumahnya tadi malam diterjang tanah longsor, lokasi ndungkukan mentoro, Pacitan,”kata Ketua DPD PKS Kabupaten Pacitan Ahmad Rifai, yang ikut menerjunkan tim kepanduan membersihkan material longsor.

Lebih lanjut, Rifai mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan dan kerja bakti bersama masyarakat di sekitar lokasi.

“Kita melakukan bakti sosial berupa penyerahan sembako serta menerjukan relawan untuk ikut kerja bakti membersihkan puing-puing  rumah dan material longsor yang masuk ke rumah Pak Isni,” paparnya.

Ahmad Rifai berharap dengan sedikit bantuan dan kerja bakti tersebut dapat mengurangi beban korban longsor tersebut.

“Karena curah hujan masih tinggi. In sya Allah PKS siap menerjunkan relawanya dan siap bekerjasama dengan semua pihak untuk membantu meringankan beban masyarakat yang sedang tertimpa bencana,”pungkasnya.

Tak hanya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada Isni, diantaranya terpal, family kit, selimut dan sembako.

Pewarta: Putro Primanto/Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan