Ronny Wahyono Ajak Semua Elemen Bergandengan Tangan Memajukan Pacitan

oleh -Dibaca 142 Kali
SIAP MEMIMPIN. Ronny Wahyono saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelantikan pimpinan DPRD, Senin (14/12/2020). (Foto: Tangkapan layar Youtube JTV Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono kembali mengingatkan rekan sejawat anggota DPRD Pacitan untuk menjaga amanah rakyat sebagai anggota DPRD.

Hal itu disampaikan Ronny usai dirinya dilantik sebagai Ketua DPRD Pacitan di sisa masa jabatan 2019-2024 pada Senin (14/12/2020) di gedung DPRD Pacitan.

“Muncul pertanyaan dan harapan masyarakat, mau dibawa kemana arah pembangunan Pacitan. Akan seperti apa pacitan kedepan. Dan dengan cara apa membangun Pacitan?,”kata Ronny, mengawali sambutannya, seperti dikutip dari laman Youtube JTV Pacitan.

Menurut Ronny, berbicara soal mimpi dan cita-cita mewujudkan Pacitan maju dan sejahtera, ada banyak aspirasi keluhan dan keinginan masyarakat dalam konteks membangun Pacitan yang secara tersirat semua itu terbebankan di punggung Pemkab dan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

“Banyak persoalan yang belum diselesaikan di Pacitan tercinta, masalah kemiskinan bencana alam, krisis air besih di musim kemarau, layanan kesehatan dan pendidikan, infrastruktur dan banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan bersama-sama,”tandasnya.

Belum lagi, ujar legislator Partai Demokrat itu, pandemi COVID-19 yang mengancam keselamatan masyarakat Pacitan.

“Disamping mendegradasi ekonomi, pendidikan, pariwisata dan sektor-sektor strategis lainnya di Pacitan. Sayangnya belum kita ketahui kapan badai virus corona ini akan sirna dari negeri kita tercinta. Yang bisa kita lakukan adalah terus berkomitmen dan disiplin mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah,”jelasnya.

Dia lantas mengingatkan rekan sejawatnya di DPRD Pacitan bahwa duduk di kursi parlemen adalah amanah rakyat. Sehingga, kata dia, sudah semestinya berusaha sekuat tenaga dengan segala sumber daya yang ada untuk memenuhi tanggung jawab sebagai wakil rakyat dengan sebaik-baiknya.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengingatkan kembali ada tiga fungsi kita sebagai anggota DPRD, yang pertama adalah fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan yang ketiga adalah fungsi pengawasan,”tandasnya.

Menurut Ronny, anggota DPRD Pacitan harus cermat mendengarkan dan mengakomodir suara rakyat sebagai landasan dalam menentukan kebijakan demi memajukan dan mensejahterakan masyarakat Pacitan.

“Tugas kita di sisa periode lima tahunan ini masih cukup besar. Tahun 2020 segera usai tinggal hitungan jari, tahun 2021 segera kita masuki. Kita harus optimis menatap kedepan. Berusaha dan bekerja lebih keras menyelesaikan persoalan dan tantangan demi tantangan untuk membawa Kabupaten Pacitan tercinta ke arah yang makin baik,”beber Ronny.

Usai dilantiknya pimpinan DPRD Kabupaten Pacitan pada hari ini, Ronny menganggap hal itu sebagai tantangan untuk sebaik mungkin melayani masyarakat. Mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan mengutamakan kebutuhan rakyat.

“Kedepan kita harus menjawab persoalan yang dihadapi oleh nelayan petani, tukang ojek, pelaku usaha kecil menengah, pedagang pasar, sopir angkitan hingga pekerja buruh dan berbagai pelaku usaha lainnya,”jelas Ronny.

Menurut Ronny, DPRD harus fokus mengawasi kebijakan dan program pemerintah daerah agar sasaran program pembangunan benar-benar dirasakan manfaatnya semaksimal mungkin oleh masyarakat Pacitan.

“Salah satu implementasinya anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2021 sudah dilakukan beberapa waktu lalu besar harapan kita di tahun 2021 mendatang menjadi kesempatan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi Pacitan,”tandasnya.

Atas berbagai persoalan itu, Ronny mengajak semua elemen masyarakat, dunia usaha pemerintah dan berbagai unsur lainnya untuk bergandengan tangan bersama-sama.

“Dan berikthiar untuk memajukan Pacitan dalam berbagai bidang mengerahkan segala pemikiran, ide, tenaga dan inovasi semata-mata untuk kepentingan masyarakat Pacitan,”pungkasnya.