Desa Ngadirojo Dinobatkan Jadi Pelaksana Terbaik PHBS Tingkat Jatim

oleh -0 Dilihat
Wagub Emil Dardak menyerahkan penghargaan kepada Ketua TP PKK Pacitan Luki Tribaskorowati pada Selasa (24/11/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, SURABAYA –  Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo Pacitan, terpilih sebagai Pemenang Terbaik 1 Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga.

Penghargaan diterimakan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Luki Tribaskorowati pada acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK – Bangga Kencana – Kesehatan di Gedung Bhinaloka Adhikara Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Selasa (24/11/2020).

Selain Pelaksana Terbaik PHBS, dalam kesempatan itu, juga diberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, Pelaksana Terbaik Posyandu, Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Dalam kesempatan itu, Wagub Jatim Emil Dardak mengatakan  gerakan bangga kencana ini merupakan wujud yang sangat penting untuk bersama sama menanggulangi kasus Covid-19 di Jatim. Terlebih di tunjang dengan pelaksanaan Monitoring Terpadu di setiap daerah untuk memutus penyebaran Covid-19.

Dirinya mengakui, PKK telah mendistribusikan 26 juta masker kepada masyarakat Jatim. Jumlah tersebut dinilai sangat besar. Masyarakat diwajibkan untuk tetap menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

“Inilah kehebatan TP PKK di Jatim yang memiliki rasa kegotong royongan yang kuat dan secara masif turun ke masyarakat menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes) sekaligus membagikan masker ke masyarakat,” ungkapnya dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Jatim.

Dengan adanya kesatuan gerak PKK-Bangga Kencana Kesehatan, maka langkah tersebut menjadi salah satu pilihan tepat dalam upaya pemberdayaan masyarakat dengan mensinergikan berbagai program OPD bersama PKK secara berjenjang dan terintegrasi. Yakni mulai di tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga desa/kelurahan.

“Dengan dukungan keterpaduan lintas sektor tersebut, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat, khususnya anak dan balita. Terutama di kalangan keluarga miskin dan tertinggal,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan, kegiatan ini merupakan gerakan PKK dengan 10 program pokoknya yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan. Seperti mendukung program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan hidup sehat secara nyata.

“Gerakan pemberdayaan tersebut, dapat menjadi senjata ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan seperti angka kematian ibu, stunting, penyakit tidak menular serta masalah pandemi Covid-19 yang belum tuntas. Untuk itu, PKK terus berupaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar berperilaku sehat,” tegasnya.

Melalui kesatuan gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan yang dilakukan secara berjenjang ini, Arumi berharap dapat diimplementasikan dengan menggerakkan masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat. Termasuk menjaga lingkungan bersih dan sehat, menjaga kesehatan ibu dan balita hingga perencanaan keluarga sejahtera.

“Kesemuanya itu, jika dilaksanakan dengan optimal dapat menjadi jawaban dalam mengatasi permasalahan-permasalahan kesehatan seperti pandemi Covid-19,” pungkasnya.