Buka MTQ Tingkat Kabupaten, Indartato Dorong Pacitan Cetak Qori dan Qoriah yang Handal

oleh -Dibaca 185 Kali
MTQ tingkat Kabupaten pada Selasa (24/11/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Puluhan qori dan qoriah mengikuti  Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten pada Selasa (24/11/2020). Para peserta lomba merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan yang  lolos seleksi  untuk maju ke tingkat kabupaten.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, program kerja tahunan Lembaga  Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Pacitan kali ini berlangsung ditengah pandemi.

Untuk itu panitia mewajibkan penyelenggara dan peserta untuk menerapkan protokol kesehatan ketat. Untuk mengurangi kerumunan lokasi lomba dibagi menjadi 5 tempat dengan jumlah masing masing tidak lebih dari 50.

“Semoga pandemi segera berakhir dan kegiatan semacam ini dapat lebih ditingkatkan,” kata Bupati Indartato saat membuka dan mengukuhkan dewan hakim MTQ  tingkat Kabupaten Pacitan 2020 di Pendopo Kabupaten, dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Indartato sangat mengapresiasi serta mendorong kegiatan MTQ untuk lebih berkembang dengan peserta yang lebih banyak lagi. Sehingga, dapat mencetak qori dan qoriah yang handal untuk bersaing dikancah yang lebih tinggi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca al quran kepada generasi muda demi terwujudnya salah satu misi Kabupaten Pacitan yakni kesalehan masyarakat “, terang Mahmud Ketua Penyelenggaran MTQ Kabupaten Pacitan 2020.

Mahmud menuturkan, MTQ kali ini juga menjadi  ajang penjaringan untuk mencari qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Pacitan dalam MTQ tingkat Provinsi 2021 di Pamekasan.

Dalam MTQ kali ini akan memperlombakan 5 kategori. Yakni, Tartil al quran, MTQ anak, MTQ Remaja, MTQ dewasa serta syarhil quran.