Bupati Pacitan Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni yang Diprakarsai AMCF Jatim

oleh -1368 views
Penyerahan Bantuan Rumah Layak Huni pada Jumat (20/11/2020) di Desa Sambong, Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN –  Pemerintah Kabupaten Pacitan pada Jumat (20/11/2020) meresmikan rumah layak huni bagi dhuafa di Desa Sambong, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Program Bedah Rumah untuk Dhuafa (RUD) tersebut diprakarsai oleh Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Jawa Timur.

Bupati Pacitan Indartato saat meresmikan pemberian bantuan rumah tersebut mengapresiasi pemberian bantuan itu.

“Atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada AMCF atas bantuan bagi masyarakat Pacitan,”kata Indartato.

Pemberian bantuan itu, kata Indartato, menggunakan metode survei yang diyakini benar-benar tepat sasaran.

“Pasti ini sudah di survei dan menentukan masyarakat mana yang membutuhkan bantuan, bagaimana rumah yang dibuat untuk Mbah Bibit ini tidak sampai disini dan terus berkelanjutan,”ujarnya.

Sementara, menurut data terbaru angka kemiskinan di Pacitan masih menyentuh angka 13 persen atau lebih tinggi dari angka kemiskinan di Jawa Timur.

“Sementara angka kemiskinan kita 13 persen, dan harapan kita dapat menurun artinya sekitar 9 persen menyamakan provinsi,”tukasnya.

Dengan adanya Lembaga seperti AMCF, Indartato menyebut peran lembaga seprti AMCF dapat mengurangi angka kemiskinan di Pacitan.

“Oleh karena itulah upaya AMCF ini dapat membantu mengentaskan kemiskinan,”tandasnya.

Sementara koordinator lapangan AMCF Jawa Timur Johan Dwi Prasetyo mengatakan kegiatan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Alhamdulillah AMCF melakukan giat selama 12 hari di Pacitan ini tidak berhenti disini, namun dapat berkelanjutan di Pacitan,”ujarnya.

Dia juga mengapresiasi Bupati Pacitan yang turut serta menghadiri pemberian bantuan rumah tidak layak huni itu.

“Akhir program ini kami bahagia pak karena bapak bupati dapat hadir. Pada hari ini sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran ini memang program target dari Jawa Timur khusus untuk di desa Sambong Pacitan,”jelasnya.

Johan mengatakan, AMCF ini menjembatani bagi para donatur yang memberikan pemanfaatan bagi masyarakat.

“Oleh karena itu kita berupaya untuk terjun di bidang kemanusiaan salah satunya di Jawa Timur yang homebasenya di Malang, terimakasih banyak kepada seluruh bupati dan jajarannya kita berterimakasih yang telah merawat kami dan kita tinggalnya di rumah pak RT dan diberikan tempat didukung oleh seluruh jajaran desa,”jelasnya.

AMCF, kata Dwi, saat ini sedang mengembangkan untuk menjadi lembaga amil zakat kedepan kita ingin memperluas jaringan dan para donator.

“Kemanusiaan sosial dan lainya dapat menjadi program baru menjadi jembatan kemanusiaan,”pungkas Johan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan