Penyu Mati Kembali Ditemukan di Pesisir Pantai Pacitan, Jadi yang ke-4 dalam Empat Bulan Terakhir

oleh -1385 views

Pacitanku.com, PACITAN – Seekor penyu ditemukan warga di Pantai Pancer Dorr Pacitan, pada Kamis (19/11/2020). Penyu nahas tersebut ditemukan dalam kondisi mati oleh pengunjung yang sedang berolahraga sore di pesisir pantai.

Bangkai penyu jenis sisik betina itu memiliki ukuran panjang total 60 cm, karapas 30 cm, dan lebar 27 cm, Saat ditemukan, kondisi penyu masih belum begitu membusuk dan belum mengeluarkan bau menyengat.

Adanya temuan bangkai penyu itu membuat relawan sahabat penyu Pacitan (SP2), melakukan penyisiran di lapangan.

SP2 memastikan apakah ada telur dan atau penyu lain yang terdampar, kemudian melakukan penguburan di lokasi penyu itu ditemukan. Dan Belum diketahui penyebab pasti kematian penyu ini.

“Penyu ini kami kubur di lokasi ditemukan bangkainya, belum tahu pasti apa penyebab dari kematiannya ini masih kami cek,” ujar Rizal Efendi, relawan sahabat penyu Pacitan, kamis (19/11/2020).

Rizal menambahkan, ada sejumlah penyebab kematian penyu, di antaranya terkena baling-baling kapal, terperangkap jaring nelayan, makan sampah, hingga terbentur karang ketika arus bawah laut kencang.

Tenuan bangkai penyu di pesisir selatan pantai Pacitan ini sudah kali ke-4 dalam empat bulan terakhir. 1 di pantai srau, 2 di pantai Teleng Ria dan 1 terakhir ini di pantai Pancer Dorr. Dan semua bangkai penyu tersebut adalah jenis penyu sisik.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan