Dompet Dhuafa Jatim Turut Bantu Penanganan Banjir Kebonagung

oleh -1382 views
Dompet Dhuafa saat membuka dapur umum di Kebonagung. Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur turut membantu proses penanganan banjir yang terjadi di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan yang terjadi pada Ahad (15/11/2020) lalu.

Perwakilan DD Jatim, Guntur Seto Prabandaru pada Rabu (18/11/2020) di Pacitan mengatakan, banjir tersebut mengakibatkan kecamatan kebonagung terendam  air dengan ketinggian bervariasi mulai 20 centimeter hingga 1 meter.

“Selain rumah warga yang terendam, dampak juga terjadi di sektor pertanian yang sebagian lahan warga terancam rusak, airnya juga tercemar, sehingga banyak warga yang mengalami gatal-gatal,”tandasnya.

Menurut Guntur, sehari setelah peristiwa banjir itu, DD Jatim segera membantu penanganan banjir bersama elemen lainnya, khususnya difokuskan di Dusun Salam Rejo, Desa Kebonagung, Kecamatan Kebonagung.

“Di daerah ini salah satu wilayah yang terdampak parah, ketinggian air mencapai 100 centimeter dan merusak beberapa akses jalan desa menuju ke RT 01 RW 01 dusun tersebut, oleh karenanya akses masyarakat untuk kebutuhan pokok sangat terganggu,”katanya.

Lebih lanjut, Guntur mengatakan DD Jatim turut membantu pendistribusian logistik, membantu membersihkan dan turut membantu bersama berbagai elemen menormalkan fasilitas umum.

“Kami juga membuka dapur umum untuk kebutuhan warga yang terisolir dan para relawan yang bekerja untuk memulihkan sarana prasarana vital ke desa Kebonagung, sebanyak 500 jiwa menjadi penerima manfaat di program pasca banjir Pacitan,”pungkas Guntur.

Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, setidaknya tercatat ada 9 kejadian bencana pada Ahad (15/11/2020) yang terjadi di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Pacitan, Kecamatan Tulakan dan Kecamatan Kebonagung.

Adapun dampak yang ditimbulkan adalah sebanyak 4 rumah rusak ringan dan berat, 1 Puskesmas terendam banjir, 2 jembatan rusak dan 2 akses jalan tertutup material longsor.

Selain itu, 1 unit mobil truk terseret material longsor sejauh 200 meter dan masih dalam proses evakuasi. Tak hanya itu, sebanyak 9 kepala keluarga mengungsi dibalai desa dan rumah warga yang lainnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Titik di Kebonagung Diterjang Longsor dan Banjir