Angka Kunjungan Wisatawan di Pacitan Meningkat Selama Libur Panjang Akhir Oktober

oleh -13111 views
Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, PACITAN – Angka kunjungan wisatawan di destinasi wisata Kabupaten Pacitan mengalami peningkatan cukup signifikan selama libur panjang lima hari, sejak Rabu (28/10/2020) hingga Ahad (1/11/2020).

“Alhamdulillah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan 10-15 persen selama lima hari libur panjang,”kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan T Andi Faliandra saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Semua Destinasi Wisata di Pacitan Resmi Dibuka untuk Umum

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Andi ini mengungkapkan, peningkatan terjadi khususnya pada akhir pekan di akhir Oktober.

“Selama lima hari libur panjang, sejak Rabu 28 Oktober, peningkatan baru terjadi hari sabtu dan minggu 31 Oktober 2020 – 1 November 2020,”tandasnya.

Sementara, kunjungan wisatawan tertinggi terjadi di Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

“Kunjungan wisatawan tertinggi terjadi di Pantai Klayar diikuti Goa Gong, Pantai Watukarung dan Pemandian Banyu Anget,”ujar Andi.

Atas peningkatan kunjungan itu, Andi mengaku senang ekonomi masyarakat di sektor pariwisata mulai bergerak ditengah kondisi pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Kita sangat senang ekonomi masyarakat di sektor pariwisata mulai bergerak, sehingga ekonomi berjalan, tapi tidak terpapar COVID-19,”pungkasnya.

Sebelumnya, sejak ditutup bulan Maret 2020 lalu, kini semua obyek wisata di Pacitan telah dibuka. Per Jumat (23/10/2020) lalu, sebanyak 18 obyek wisata di Kabupaten Pacitan sudah dibuka untuk umum. 18 destinasi wisata tersebut adalah Beiji Park di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pantai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Baca juga: Kondisi Gelombang Pantai di Pacitan Cukup Tinggi, Wisatawan Diminta Lebih Hati-hati

Kemudian Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Watukarung di Desa Watukarung kecamatan Pringkuku, Pantai Klayar di Desa Sendang Kecamatan Donorojo dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

Selanjutnya adalah Pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan di Desa Widoro kecamatan Donorojo, kemudian Pantai Srau di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Sungai Maron di Desa Dersono kecamatan Pringkuku, Pantai Ngiroboyo di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Sentono Gentong di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku dan Pantai Taman di Desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo.

Kemudian yang terakhir adalah Goa Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung, Goa Tabuhan di Desa Wareng Kecamatan Punung dan Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video Ini Daftar Top 13 Pantai di Pacitan