Bupati Pacitan Launching Kawasan Perlindungan Penyu di Pancer Dorr

oleh -13112 views

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato diakhir masa jabatannya, melaunching Pancer Dorr sebagai salah satu kawasan perlindungan penyu, Senin (26/10/2020).

Launching kawasan ini ditandai dengan pelepasan kain bingkai penutup baliho yang berisi tulisan “kawasan Pantai perlindungan penyu.”

“Semoga kawasan ini menjadi tempat belajar kita bersama tentang pelestarian lingkungan hidup, dan menjadi kawasan perlindungan penyu yang Asri. Mari kita jaga bersama,”kata Bupati Pacitan Indartato.

Dalam 3 tahun terakhir, pasca banjir besar november 2017 silam, peta navigasi penyu kembal muncul di sepanjang pesisir pantai pancer dorr pacitan.

“Hampir sepanjang pantai pancer ini adalah habitat bertelurnya penyu, namun dalam waktu 15 tahun kemarin karena efek dari pembangunan banyak penyu yang kemudian kehilangan radar. Dan syukur pasca banjir 2017 kemarin. Radar penyu kembali ada sehingga penyu mulai Mau kembali datang bertelur,” jelas Selamet Cuboh Hember, koordinator sahabat penyu Pacitan. Senin (26/10/2020).

Selain mersmikan kawasan perlindungan penyu, Bupati Pacitan, Forkopimda dan relawan melakukan penanaman pandan di sepanjang pesisir.

“Penanaman pandan ini bertujuan untuk meningkat kan radar penyu, dan juga sebagai panampang ombak besar,”imbuh cuboh, sapaan akrab Selamet kepada pewarta.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan