Indartato: Kegiatan Pemukulan Kentongan Serentak untuk Kewaspadaan Dini Bencana Alam

oleh -13166 views
Bupati Pacitan Indartato saat rapat koordinasi pemukulan kentongan secara serentak pada Selasa (20/10/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Bupati Pacitan Indartato mengatakan kegiatan pemukulan kentongan secara serentak pada Senin (26/10/2020) mendatang bagian dari mitigasi dan kewaspadaan bencana secara dini.

“Yang pertama mudah-mudahan potensi ini tidak terjadi di Pacitan khususnya bencana alam, namun seandainya terjadi ini kita perlu antisipasi, sehingga hari ini kita bertemu, dengan bapak Kapolres Bapak Dandim dan seluruh jajarannya, bersama Danramil, bapak/Ibu Kapolsek, dan Camat kemarin juga ini intinya adalah untuk waspada secara dini,”kata Indartato, Selasa (20/10/2020) di Pacitan.

Baca juga: Pacitan Sosialisasikan Kentongan Sebagai Peringatan Dini Bencana Berbasis Kearifan Lokal

Menurut Indartato, kewaspadaan secara dini tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapan warga Pacitan menghadapi bencana alam.

“Ini perlu kita lakukan, sehingga perlu ada sosialisasi, edukasi dan mitigasi supaya betul-betul seandainya terjadi ini sudah siap sehingga rakyat kami harapkan tidak panik, namun siap sedia seandainya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, tapi doa kita kepada Allah SWT supaya hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi,”jelasnya.

Sementara, Kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo mengatakan kegiatan tersebut akan digelar serentak hingga tingkat masyarakat.

“Kami memiliki program pemukulan kentongan, hitung mundur pukul 9.59 menit 1,2,3,4,5,6..9 pukul (kentongan) serentak, diawali di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan pelosok masyarakat,”ujarnya.

Didik mengatakan, tujuan pemukulan kentongan itu untuk melakukan mitigasi non struktural.

“Tujuannya apa untuk mitigasi, non struktural, mitigasiitu mengetahui ancaman dan mengetahui cara kita menghindar dari ancaman, dan tolong kami pastikan, ini adalah latihan mitigasi bencana,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Pacitan Gunakan Kentongan untuk Alat Mitigasi Bencana