Yudi Sumbogo: Membangun dari Desa Harus Terkonsep dengan Baik

oleh -1350 views
MBOIS. Paslon Yudi Sumbogo-Isyah Ansori usai pengundian nomor urut pada Kamis (24/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan memiliki 166 desa dan 5 kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan.

Luasnya wilayah dan perbedaan topografisnya, desa bagi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo dan Isyah Ansori atau yang lebih dikenal dengan Mbois memiliki arti yang penting.

“Membangun dari desa adalah gagasan yang sangat brilian, saya bersama Pak Isyah Ansori berkomitmen agar desa-desa di Pacitan bisa berkembang dan maju, jika desanya maju maka bisa dipastikan warganya sejahtera,”ujar Yudi Sumbogo, Sabtu (10/10/2020).

Lebih lanjut, Yudi Sumbogo menyampaikan bahwa harus ada konsep yang baik untuk membangun Pacitan dari desa.

“Setiap desa memiliki kekhasannya masing-masing, potensi yang ada juga berbeda, ini harus tergali dengan baik lalu dimaksimalkan secara optimal,”tandasnya.

Untuk itu, Yudi akan membuat program yang tepat untuk memajukan desa.

“Bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Kementerian Desa dan lembaga yang lain akan lebih membuat desa di Pacitan bisa berkembang, kita ajak para Kepala Desa belajar ketempat yang berhasil seperti Desa Ponggok di Klaten, inspirasi yang diperoleh bisa diterapkan didesanya masing-masing,”urainya.

Yudi juga bertekad akan memaksimalkan pembangunan infrastruktur jalan desa.

“Ini akan membantu membuat koneksi dan akses yang lebih cepat, sehingga eksplorasinya bisa maksimal dan endingnya adalah peningkatan perekonomian bagi masyarakat desa,”pungkasnya.

Konsep tersebut sangat diapresiasi oleh Sukatno, warga Gemaharjo Tegalombo.

“Selama ini desa di Pacitan seakan berjalan sendiri, sesuai dengan Dana Desa yang diterima, konsep pembangunan yang integral belum bisa maksimal, padahal kalau bisa diintegrasikan Pacitan bisa seperti Bali,”jelasnya.

“Desa ini punya Wisata Alam, desa ini punya budaya, desa ini punya kuliner, desa ini punya sentra industri, kalau digabungkan dan bekerja sama dengan Biro Wisata maka daerah kita akan maju,”pungkas Sukatno.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan