Cerita Tentang Kopi Robusta Bandar, Produk UMKM yang Menapaki Jalan Menjadi Produk Nasional

oleh -1368 views
Kopi Robusta Bandar yang mulai dikembangkan

Pacitanku.com, PACITAN – Majunya suatu daerah salah satunya dapat dilihat dari semakin banyaknya UKM berbasis lokal yang tumbuh dan berkembang.

UMKM di Bandar salah satunya. UMKM yang berbasis pada kelompok usaha bersama (Kube) ini memfokuskan diri pada produksi kopi robusta asli Kecamatan Bandar, Pacitan.

Eny Purwati selalu fasilitator desa berdaya Bandar mengatakan kopi Bandar sudah dikenal di sejumlah daerah.

“Kopi Bandar sudah dikenal dan telah memiliki penggemar di beberapa daerah. Dengan inovasi pengemasan modern, kini kopi asli Bandar -Pacitan makin dikenal dan digemari,”katanya, Sabtu (10/10/2020) kepada Pacitanku.com.

Eny mengatakan dalam memproduksi kopi robusta ini melibatkan pemberdayaan masyarakat Bandar guna menghasilkan produk yang berkualitas.

“Setiap hari kami (fasilitator) mengunjungi rumah produksi Kopi Bandar untuk mengecek ketersediaan stok dan kualitas biji kopi yang akan diproduksi menjadi kopi Bandar,”jelasnya.

Lebih lanjut, Eny mengungkapkan, Kopi Bandar adalah salah satu potensi produk unggulan khas desa Bandar.

“Karenanya, kami berharap bisa terus berinovasi, dan mengembangkan jaringan pemasaran sehingga bisa berdampak pada perbaikan ekonomi member Bummas As Salam binaan rumah zakat,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan