Perjuangan Ulama Jadi Inspirasi ‘Mbois’ Membangun Pacitan

oleh -1381 views
Mbogo dan Isyah saat mendaftar ke KPU Pacitan beberapa waktu lalu. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada Kamis (1/10/2020), Calon Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dan Calon Wakil Bupati Pacitan Isyah Ansori atau yang lebih dikenal dengan Mbois memiliki komitmen yang kuat untuk tetap menjaga Pancasila sebagai dasar negara.

Hal itu disampaikan oleh Yudi Sumbogo kepada awak media, Rabu (30/09/2020).

Menurut Yudi, Mbois bersama dengan para Kyai dan Ulama serta masyarakat Pacitan akan terus menjaga Pancasila di wilayah yang dulu bernama Wengker Kidul itu.

“Ini komitmen kami, bahwa Pancasila adalah dasar negara, panduan dan haluan hidup kita menuju Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia,”kata dia.

Lebih lanjut, Yudi menyampaikan bahwa peran ulama dan para Kyai sangat besar, baik dalam merumuskan maupun dalam menjaga dari paham yang lainnya.

“Bersama Kyai dan Ulama yang selalu kita ta’dzimi dhawuhnya, kita akan bersama menjaga dasar negara kita itu. Apalagi kita didukung oleh partai nasionalis dan religius,”imbuhnya.

Yudi juga meminta kepada seluruh masyarakat Pacitan untuk selalu menjadikan Pancasila sebagai dasar kehidupan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sila-sila dalam Pancasila mengandung makna yang luar biasa, apabila kita bisa menerapkan bersama maka negara kita, wilayah kita akan menjadi tempat yang maju dan warganya memiliki kharakter kebangsaan dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,”pungkasnya.

Pun, dengan Isyah Ansori, Calon Wakil Bupati Pacitan juga menyampaikan bahwa Hari Kesaktian Pancasila harus diperingati tidak hanya dengan mengibarkan bendera, namun harus kembali menghayati dan mengamalan sila dalam Pancasila.

“Nilai Pancasila harus menjadi nafas bagi warga Indonesia, khususnya warga Pacitan. Agar kehidupan kita, walaupun berbeda, tetapi tetap satu juga,”kata Isyah.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan