Tiga Warga Pacitan Positif Corona, Total Kasus Tembus 102

oleh -13280 views
Juru bicara satgas penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan kembali merilis adanya penambahan jumlah kasus pasien positif terkonfirmasi COVID-19 pada Selasa (22/9/2020).

Juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto saat dikonfirmasi Pacitanku.com pada Selasa siang membenarkan adanya penambahan kasus positif COVID-19 di Pacitan

“Tiga orang positif COVID-19 hari ini (Selasa, red),”kata dia.

Rachmad kemudian merinci tiga pasien nomor 100 hingga 102 tersebut yang pertama adalah suami dari pasien yang telah dinyatakan positif dan saat ini masih dirawat di Wisma Atlet Kabupaten Pacitan.

“Yang bersangkutan berasal dari Pringkuku, usia lebih 70 tahun,”ujar pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Kemudian, imbuh Rachmad, pasien positif kedua berasal dari Desa Banjarsari, Pacitan namun memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Riau. “Yang bersangkutan perempuan berusia 35 tahun,”tandasnya.

Untuk pasien yang ketiga, imbuh Rachmad, adalah seorang laki-laki berusia 22 tahun dan berasal dari Desa Bangunsari, Kecamatan Bandar.

Dengan adanya satu pasien dari Kecamatan Bandar ini, maka ini adalah kasus COVID-19 pertama yang berasal dari Kecamatan di ujung utara Pacitan itu.

“Semua (pasien, red) mempunyai riwayat pelaku perjalanan,”imbuhnya.

Dengan penambahan tiga kasus baru tersebut, total kasus di Pacitan sejak pasien pertama diumumkan pada Kamis (9/4/2020) lalu menjadi 102 orang.

“Total kasus menjadi 102 orang, dengan rincian kasus sembuh 93, dirawat 6 dan meninggal 3 orang,”jelas Rachmad.

Adapun 6 pasien aktif yang dirawat tersebut dengan rincian berasal dari Desa Pringkuku, Kecamatan Pringkuku 2 orang, Desa Pagutan Kecamatan Arjosari 2 orang, Desa Banjarsari Kecamatan Pacitan 1 orang dan Desa Bangunsari Kecamatan Bandar 1 orang.

Rachmad kembali mengingatkan masyarakat Pacitan untuk secara sadar melaksanakan protokol kesehatan (Prokes).

 “Karena kita dengan menjalankan protokol kesehatan hanya itulah satu-satunya cara untuk mengeliminir atau mengurangi penyebaran kasus COVID-19 di Kabupaten Pacitan. Protokol kesehatan banyak, yang penting adalah 3 M, bagaimana kita selalu disiplin memakai masker, kedua disiplin untuk mencuci tangan pakai sabun, yang ketiga disiplin untuk menjaga jarak berinteraksi sosial dengan masyarakat,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan

Ralat berita: Redaksi telah mengubah asal Desa salah satu pasien positif yang awalnya tertulis Desa Tumpuk Kecamatan Bandar menjadi Desa Bangunsari Kecamatan Bandar. Klarifikasi ini berdasarkan ralat yang disampaikan oleh GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan pada Selasa (22/9/2020) malam. Atas ketidak nyamanannya redaksi memohon maaf.

Video Pesan Jubir GTPP: Laksanakan 3M Cegah Virus