Bupati Pacitan Terjunkan Tim Penegak Disiplin Protokol Kesehatan Berbasis Komunitas

oleh -1373 views
CEGAH CORONA. Bupati Pacitan Indartato menerjunkan tim penegak disiplin protokol kesehatan berbasis komunitas, Rabu (9/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menerjunkan tim penegak disiplin protokol Kesehatan berbasis komunitas untuk menekan penyebaran dan penularan coronavirus disease 2019 (COVID-19) pada Rabu (9/9/2020) di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 bidang penegakan hukum.

Dengan melibatkan kelompok masyarakat, Polri, TNI, dan Satpol PP, tim ini terdiri dari tim penegak disiplin di terminal, alun-alun, pasar tradisional, perkantoran, tempat wisata dan tempat ramai lainnya.

Namun keberadaannya berbeda dengan tim penegak hukum, karena tim ini akan bekerja secara persuasif dengan mengedukasi masyarakat pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Tujuannya (tim ini, red) untuk melindungi masyarakat supaya tidak tertular tidak terpapar COVID-19, karena untuk menanggulangi perlu kerjasama, elemen yang ada harus bergerak utamanya gugus tugas penanganan COVID-19,”kata Bupati Pacitan Indartato saat berbincang dengan awak media.

Menurut Indartato, pembentukan tim ini adalah juga merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang penanggulangan COVID-19.

Untuk tugasnya, kata dia, adalah secara teknis mengingatkan mari protokol kesheatan dilakukan utamanya memakai masker, cuci tangan, jaga jarak.“Supaya sadar, membuahkan hasil COVID-19 Pacitan tidak ada lagi, kewenangannya mengingatkan, kalua tidak ditaati melaporkan kepada gugus tugas,”ujarnya.

Secara khusus, Indartato juga menyebut adanya peningkatan kesadaran masyarakt Pacitan untuk menerapkan protokol Kesehatan pencegahan COVID-19.“Peningkatan protokol Kesehatan ini sudah meningkat, karena yang terpapar semakin berkurang,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Bupati Pacitan Terjunkan Tim Penegak Disiplin Protokol Kesehatan Berbasis Komunitas