RSAL dr Ramelan Surabaya Jadi RS untuk General Chek Up Cabup-Cawabup Pacitan

oleh -1363 views
Ketua KPU Sulis Setyorini. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan, Sulis Setyorini, tegaskan berdasar rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jatim, bahwa RS Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya, ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit tunjukkan untuk melakukan general check up bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati dari Pacitan.

“Di Jatim memang ada tiga rumah sakit tipe A yang bisa dijadikan rujukan untuk general check up bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati dari Pacitan. Yakni dr Soetomo, RSAL dr Ramelan dan rumah sakit dr Saiful Anwar Malang. Namun berdasarkan rekomendasi dari IDI Jatim, RSAL dr Ramelan yang akhirnya ditunjuk untuk kegiatan pemeriksaan pasangan calon,” kata Sulis Setyorini, yang saat itu masih berada di Surabaya dalam rangka dinas, Senin (31/8).

Menurut mantan dosen sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya ini, untuk tahapan pemeriksaan paslon akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 September. Tanggal 7 dilaksanakan tahapan pemeriksaan psikologis dan tanggal 8 untuk pemeriksaan jasmani.

“Seluruh biaya menjadi beban KPU. Kecuali dalam kondisi tertentu, paslon yang akan menanggung. Suatu misal, dalam pemeriksaan ada kelainan pada mata dan harus operasi atau pemasangan lensa kontak maupun kacamata, itu menjadi beban masing-masing paslon,” jelasnya.

Sementara untuk pendaftaran pasangan calon, lanjut komisioner KPU yang akrab disapa Rini ini, dibuka mulai tanggal 4 hingga 6 September.

“Apabila sampai akhir pendaftaran hanya ada satu pendaftar pasangan calon, KPU akan kembali membuka pendaftaran tahap kedua pada tanggal 10 hingga 12 September. Sedangkan untuk test kesehatan akan diatur lebih lanjut. Pasangan calon yang hendak mengikuti test kesehatan, terlebih dulu harus mendaftar,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan