Yudi Sumbogo Hingga Prof Sudijono Berpeluang Diusung PDIP di Pilbup Pacitan

oleh -13276 views

Pacitanku.com, PACITAN –  Kubu PDIP di Pacitan, rupanya tak main-main untuk ikut ambil bagian di Pilbup mendatang. Partai pemenang pemilu tersebut, sepertinya akan tetap memunculkan pasangan calon dan siap melawan duet Indrata Nur Bayuaji- Gagarin.

Ketua ormas Projo (Pro Jokowi) Pacitan, John Vera Tampubolon mengatakan, organisasi yang dipimpinnya memang bukan sebagai underbow PDIP. Akan tetapi Projo sangat indentik dengan PDIP.

“Sehingga kami berpandangan, agar ruang ‘tehgah’ (kekosongan) di iklim Pilbup Pacitan, bisa terisi. Artinya PDIP akan ikut ambil bagian dan tidak hanya sebagai penonton di Pilkada tahun ini,” kata John, Sabtu (29/8/2020).

Menurut John, ada beberapa nama yang sudah mengemuka sebagai bakal calon bupati dari PDIP. Diantaranya nama adik kandung Bupati Pacitan Indartato, yakni Profesor Doktor Endar Yulianto, Kolonel (Pur) TNI AL, Jamaludin Malik yang juga dekan Universitas Hangtuah, Profesor Sudijono Sastroatmodjo, Ronny Wahyono, Yudi Sumbogo, Subroto, dan Winarni.

Selain itu, juga ada beberapa nama dari kalangan birokrat di Pacitan. Seperti misalnya, Supomo, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan, Pelatihan dan Kepegawaian Daerah, Sakundoko, Kepala Bappeda Pacitan dan Eny Setyowati, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan usaha Mikro.

John Vera Tampubolon Ketua Projo Pacitan. (Foto Yuniardi Sutondo)

“Itu nama-nama yang masuk dalam pembahasan tim penjaringan Projo. Mereka akan diusulkan ke DPC PDIP dan juga ke DPD PDIP Jatim serta ke pusat,” tutur mantan legislator PDIP masa jabatan 1999-2004 ini.

Sementara untuk bakal calon wakil bupati, John Vera juga telah mengantongi sejumlah nama. Seperti Sugiharto, pengusaha rental alat berat, dan Winarni.

“Projo memang bukan lembaga politik. Tetapi oleh Projo pusat kami selalu didorong untuk terlibat langsung, dalam proses agenda politik,” jelasnya.

Dari sederetan nama tersebut, lanjut John, ada beberapa nama yang memang punya peluang besar untuk dipinang PDIP. Misalnya, Professor Sudijono Sastroatmodjo, Yudi Sumbogo dan Ronny Wahyono.

“Hari ini kami dapat informasi kalau Yudi Sumbogo ke Solo dalam rangka melakukan koordinasi dengan tim dari pusat. Insyaallah Senin nanti beliau lanjut ke pusat,” tegasnya.

Namun begitu, menurut John, pihaknya lebih memilih untuk mengusulkan figur berbasis akademisi. Seperti Sudijono dan Jamaludin Malik.

 “Kita ini berpandangan semua untuk kemajuan Pacitan, dan bukan sekedar kepentingan partai ataupun ketua umum DPP PDIP. Sebab PDIP merupakan partai besar dan partai yang lahir di era orde lama. Apalagi selama ini PDIP juga tercatat pernah memimpin Kabupaten Pacitan. Hasilnya nampak kan, contoh ada stadion, ada dermaga Tamperan, Pasar Pon. Itu fakta yang telah diperbuat oleh PDIP,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan