15 Destinasi Wisata Dibuka, Ekonomi di Pacitan Diharapkan Terus Bergerak

oleh -13189 views
Pantauan Pantai Klayar pada Kamis (26/12/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan telah membuka 15 obyek wisata di Pacitan setelah lima bulan ditutup akibat pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Atas pembukaan ini, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Tengku Andi Faliandra berharap ekonomi di Pacitan terus bergerak ditengah pandemi.

“Diharapkan sudah bisa menggerakkan ekonomi keluarga dengan tidak terpapar COVID-19, kita harapkan semua pariwisata dapat menerima tamu-tamu pada 1 Desember 2020,”kata pria yang akrab disapa Andi ini, Jumat kemarin.

Lebih lanjut, Andi mengatakan semua destinasi wisata yang dibuka tersebut pada intinya untuk persiapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang aman dari COVID-19.

“Tapi yang terpenting hari ini bukan target namun lebih kepada dibukanya persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru dan semua pariwisata aman dari COVID-19, saya optimis wisata kita itu menarik dan ini nilai lebihnya, saya yakin kedepan akan tetap stabil asalkan semua mendukung pencapaian itu,”pungkasnya.

Untuk diketahui, dari 15 destinasi wisata yang sudah dibuka di Pacitan tersebut, 8 diantaranya masuk fase uji coba dan 7 lainnya masih tahap simulasi.

Adapun 8 destinasi wisata yang mengantongi sertifikat uji coba adalah Beiji Park di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pantai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Kemudian Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Watukarung di Desa Watukarung kecamatan Pringkuku, Pantai Klayar di Desa Sendang Kecamatan Donorojo dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

Selain pemberian sertifikat uji coba, Pemkab juga memberikan sertifikat rekomendasi fase simulasi untuk tujuh obyek wisata. Adapun 7 obyek wisata yang mengantongi fase rekomendasi itu adalah Pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan di Desa Widoro kecamatan Donorojo, kemudian Pantai Srau di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Sungai Maron di Desa Dersono kecamatan Pringkuku, Pantai Ngiroboyo di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Sentono Gentong di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku dan Pantai Taman di Desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo.

Sementara, obyek wisata di Pacitan yang hingga kini masih ditutup adalah Goa Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung dan Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Sertifikat AKB untuk 13 Obyek Wisata di Pacitan Diserahkan, Pantai Klayar Dibuka untuk Umum