Gagarin Disebut Jadi Pemimpin Alternatif Pesaing Kuat Partai Demokrat

oleh -13151 views
Gagarin. (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Ingat Pilbup, ingat Partai Demokrat. Begitu setidaknya, suara hampir sebagian besar masyarakat di Pacitan dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sudah hampir selama 15 tahun, partai politik yang kelahirannya dibidani Presiden ke enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, selalu keluar menjadi pemenang dalam perhelatan Pilbup. Pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh partai berlambang segitiga mercy itu, dengan mudahnya melenggang menuju pendopo dan duduk di kursi empuk, bupati dan wakil bupati.

Akan tetapi, bagaimana dengan perhelatan Pilbup 2020 ini? Banyak masyarakat memprediksi, bahwa siapapun pasangan calon yang diusung Partai Demokrat, hampir bisa dipastikan terpilih menjadi bupati dan wakil bupati lima tahun kedepan. Meski disisi lain, tak sedikit pula suara masyarakat yang menginginkan sebuah perubahan.

Waktu lima belas tahun, bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah partai politik untuk bisa bercokol dan berkuasa.

“Kalau masyarakat masih memilih partai, ya tentu pasangan calon dari Partai Demokrat yang dipastikan akan bisa memenangi perhelatan Pilbup tahun ini,” kata sumber yang meminta tidak dipetikan namanya dalam pemberitaan media, Rabu (12/8/2020).

Namun, kata sumber yang juga seorang tokoh masyarakat ini, apabila masyarakat pemilih lebih mengedepankan figur calon dan segala kemampuannya, tentu Gagarin yang dipandang punya peluang besar untuk bisa duduk di kursi AE 1 (sebutan untuk Bupati Pacitan, Red) nantinya.

“Kalau pemilih masih mengedepankan partai, ya memang pasangan calon dari Demokrat. Tapi kalau memilih figur dan ingin adanya perubahan, tentu Gagarin yang menjadi alternatif pilihan agar di Pacitan ini bisa terjadi dinamika kepemimpinan,” jelas sumber yang lama kenal dengan pewarta ini.

Sementara itu, sekedar informasi, bahwa sampai detik ini, Partai Demokrat belum menentukan sikap politiknya untuk mengeluarkan surat rekomendasi.

Meski beberapa nama sudah sempat mengemuka sebagai bakal calon yang akan menerima amanah surat rekomendasi pencalonan. Seperti Indrata Nur Bayuaji, Ronny Wahyono, dan Profesor Sudijono Sastroatmodjo.

Di kubu sebelah, yakni Partai Golkar, juga masih “malu-malu kucing” untuk segera mengumumkan pasangan calon yang hendak diusungnya. Sedangkan yang sudah menentukan sikap politiknya seperti PKB, Partai Nasdem serta PDIP.

Ketiga partai itu, sudah memancarkan sinyal kuat untuk berkoalisi mengusung Gagarin sebagai calon bupati.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan