Hadirkan Sejumlah Seniman, Ibas Gelar Pertunjukan Seni Virtual “Rehat Sejenak Menghibur Hati”

oleh -13244 views
Ibas dan Aliya saat menghadiri kegiatan gebyar seni virtual di Pacitan, Jumat malam. (Foto: Youtube Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Edhie Baskoro Yudhoyono  atau yang akrab disapa Ibas menggelar pertunjukan seni virtual bertajuk “Rehat Sejenak Menghibur Hati” pada Jumat (7/8/2020) di Pendopo Agung Budaya Teleng Ria Pacitan.

Hadir dalam pertunjukan seni tersebut artis Cakra Khan, Cak Precil, Rofiq Ali dan sejumlah seniman dan musisi lokal dari Pacitan. Selain itu dalam malam pertunjukan itu juga dilakukan kegiatan charity untuk para dokter dan tenaga kesehatan.

Putra kedua Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menyampaikan kegiatan ini digelar untuk menghibur hati masyarakat ditengah pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Disisi lain, kegiatan ini juga digelar untuk memberikan ruang ekspresi bagi para musisi dan pecinta musik di tanah air.

“Rehat sejenak menghibur hati, Alhamdulillah wa syukurilah, malam hari ini saya berada di Cikeas bersilaturahmi, untuk menyambung tali silaturahmi yang cukup lama tertunda, secara virtual saya juga ingin menyapa yang hendak menonton acara hari ini, rehat sejenak dan menghibur hati, agar semuanya baik- baik saja,”kata Ibas dalam sambutan virtualnya yang ditayangkan langsung melalui facebook page, Instagram dan Youtube Pacitanku.com.

Dalam kesempatan itu, Ibas menyinggung sejumlah persoalan yang dihadapi bangsa, utamanya saat sedang menghadapi pandemi COVID-19. Diantaranya adalah kondisi yang ditimbulkan akibat dampak dari pandemi.

“Banyak kegiatan belajar dan mengajar terhenti secara langsung, baik di zona merah dan beberapa daerah di zona merah zona hijau pun banyak melakukan pembelajaran melalui jarak jauh, demikian pula yang kita lakukan pada malam hari ini, kita pun ingin bersilaturahim dari jarak jauh, karenakita pun ingin menyelamatkan bukan hanya diri sendiri tetapi menyelamatkan manusia dan masyarakat yang lainnya,”ungkap Ibas.

Menurut Ibas, dirinya memilih untuk berkomunikasi secara virtual saat ini di dapil 7 Jawa Timur, karena ingin menyelamatkan masyarakat di dapil 7 Jatim untuk benar-benar terjaga kesehatan dan keselamatannya.

“Karena saya yakin dua hal yang harus kita utamakan dan kita lindungi yaitu yang pertama tentunya kesehatan dan keselamatan yang menjadi utama tidak boleh ditawar-tawar lagi, karena nyawa dan hidup hanya sekali.

Yang kedua, kata dia, tentunya ingin perekonomian dan kesejahteraan rakyat kita juga diperhatikan. Karena, imbuhnya, kalau masyarakat sehat, lingkungan kita hijau dan virus itu sudah tidak ada lagi di bolehlah menyatakan perekonimian untuk terus kita bangkitkan dari waktu ke waktu.

“Insyaallah itu semuanya juga menjadi perhatian kami yang ada di Jakarta, dan kami tidak pernah tinggal diam untuk menyampaikan padangan-pandangan pikiran-pikiran da aspirasi massarakat yang ada di tanah air khususnya di Jatim 7,”ujar pria yang juga ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini.

Secara khusus, Ibas juga menyinggung persoalan yang dihadapi oleh para musisi ditengah pandemi. Hal itu pula, yang mendasari Ibas menggelar kegiatan pertunjukan seni yang digelar secara virtual tersebut.

“Teman-teman kita para seniman musisi dan para pecinta seni lainnya juga sangat kesulitan. Ada Bung Cakra Khan, Bung Rofiq Ali, Ada Bung Precil, Pasti mereka mengalami kesulitan, akan sulit untuk mereka mengekespresikan karya mereka secara langsung, syukur bagi kita pada malam hari ini kita bisa menjalankan kegiatan yang diluar dari kebiasaan kita,”tandasnya.

Bahkan di daerah lain, kata Ibas, tidak sedikit teman-teman pegiat seni gulung tikar dan tidak mendapatkan pemasukan untuk berkarya seni.

“Itulah mengapa saya hadir di malam ini bukan karena saya tidak prihatin dengan keadaan, tetapi saya ingin mengambil sikap yang lain dari kondisi yang berbeda untuk teman-teman kita para pecinta seni dan para musisi yang ada di tanah air,”tandasnya.

Dia berharap kegiatan pertunjukan seni virtual itu bisa meningkatkan semangat dan produktivitas untuk berkarya.“Semoga acara ini virtual seni malam ini dapat meningkatkan semangat kita, dalam meniingkatkan produktivitas,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pacitan Indartato mengapresiasi kegiatan pertunjukan seni virtual itu. Utamaya kepada Ibas yang terus memberikan perhatian bagi masyarakat Pacitan.

“Malam hari ini kita bersama-sama bisa mengikuti, saya atas nama rakyat kabupaten Pacitan mengucapkan terimakasih kepada mas Ibas, harapannya bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Pacitan, malam ini saya mengapresiasi yang telah bersama-sama menghibur kita sekalian, demi kesejahteraan masyarakat Pacitan,”kata Indartato.

Untuk menghibur masyarakat yang menonton secara virtual, Ibas juga menyanyikan tiga lagi dalam kegiatan tersebut, yakni lagu berjudul “Gunung Limo” yang diciptakan oleh SBY, lagu “Setia” yang dipopulerkan oleh Jikustik dan lagu “Cinta Luar Biasa” yang dipopulerkan oleh Andmesh Kamaleng.

Sejumlah seniman juga hadir menghibur masyarakat, diantaranya penampilan kocak Cak Precil dan ditutup penampilan penyanyi kenamaan Cakra Khan.

Cakra Khan sendiri menyanyikan dua lagu, dimana satu diantaranya adalah lagu cukup hits berjudul “Kekasih Bayangan.”