Wabup: Yayasan Panglima Besar Jenderal Soedirman akan Buka Investasi di Pacitan

oleh -13220 views
Hananto (masker putih) saat bersama Wabup Yudi sumbogo. (Foto: Yuniardi sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Keragaman sumber daya alam yang dimiliki Pacitan, memantik perhatian sejumlah investor untuk berinvestasi. Salah satunya Yayasan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Lembaga tersebut dikabarkan hendak membuka pabrik keramik di Pacitan. Hal tersebut seperti disampaikan Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, Rabu (5/8/2020).

Menurut Wabup Yudi, Pacitan konon memiliki potensi kaolin cukup besar. Saat ini yang sudah diurus wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) kurang lebih ada 65 hektar. Utamanya di kawasan Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo. “Selain kaolin juga ada veldspar dan volkklay,” ujarnya.

Baca juga: Serunya Telusur Jalan Tegalombo-Tulakan

Yudi mengatakan, yayasan tersebut akan memberikan sumbangsih kepada daerah, lantaran di era perjuangan silam, Panglima Besar Jenderal Soedirman, cukup lama melakukan perang gerilya di Pacitan.

Yang perlu dipahami masyarakat, sejak rezim orde baru sampai detik ini, yayasan tersebut tak pernah bersinggungan dengan keuangan negara. Mereka benar-benar bekerja secara profesional demi memajukan bangsa dan negara.

“Termasuk di Pacitan, mereka juga akan berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Dengan mendirikan industri. Sehingga kedepannya akan bisa membuka lapangan kerja cukup luas. Rencana tersebut semata-mata untuk menjaga marwah Pangsar Jenderal Soedirman ketika melakukan gerilya di Pacitan,” jelasnya.

Sementara itu, hadir dalam kesempatan tersebut, Hananto, salah seorang staf di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, yang memiliki skill dibidang pertambangan. Menurut Hananto, memang Pacitan memiliki potensi berbagai hasil tambang.

Hanya saja saat ini memang belum dilakukan kegiatan eksplorasi guna mengetahui sejauh mana potensi yang ada.

“Selain di Kasihan dan Tahunan, kaolin juga ada di Desa Gondosari, Kecamatan Punung dan Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari. Selain itu juga ada pasir kwarsa di Desa Tahunan, Kecamatan Tegalombo dan Desa Cokrokembang, Kecamatan Ngadirojo. Hanya saja yang diajukan wiup, sementara masih di Desa Kasihan,” bebernya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Serunya Telusur Jalur Tegalombo-Tulakan