Pemimpin Pacitan Harus “Strong” dan Membangun Komunikasi

oleh -1377 views
Pendopo Kabupaten Pacitan
Pendopo Pemerintah Kabupaten Pacitan. (Foto: Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Calon pemimpin daerah, bukan hanya disuka masyarakat. Namun mereka nantinya harus bisa tumbuh menjadi seorang pemimpin yang strong, dan seimbang dalam membangun komunikasi atau lobi politik ke rakyat.

“Mereka harus strong, dan bisa membangun komunikasi serta lobi politik dengan rakyat, atau level sejajar dan juga sampai ke tingkat nasional,” kata Ketua Pemuda Demokrat, Agus Yunarsono, memberikan wacana tentang kriteria seorang calon pemimpin di daerah, Jumat (31/7/2020).

Tak hanya itu, lanjut dia, seorang leader daerah juga harus bisa menciptakan pemerintahan yang bersih, efective dan efisien.

“The right man on the right place, harus selalu diterapkan dalam menata birokrasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus yang asli kelahiran Pacitan ini mengungkapkan, inovasi juga harus menjadi landasan pemikiran seorang pemimpin dalam menjalankan roda pemerintahan, utamanya bagaimana meningkatkan iklim investasi.

“Mereka harus mampu berinovasi di dunia investasi dalam rangka pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD). Pembangunan generasi muda berbasiskan sosial budaya dan keagamaan. Yaitu dengan menumbuhkan masjid-masjid. Selain sebagai tempat ibadah, juga sebagai pusat kajian dan pusat informasi masyarakat.

Dan yang tak kalah pentingnya, pemimpin juga harus mampu membangun Perda-Perda yang melindungi dan mengayomi rakyat kecil,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan