Jika Jadi Bupati, Sutrisno Siap ‘Katrol’ PAD Pacitan Hingga Rp500 M

oleh -13186 views

Pacitanku.com, PACITAN – Di tahun ketiga masa pemerintahannya, setidaknya kemampuan APBD Kabupaten Pacitan, harus bisa tembus Rp 2,5 triliun. Kalau harapan itu tidak kesampaian, mundur dari kursi bupati, siap dilakukan.

Begitulah sekilas pernyataan dari Sutrisno, mantan Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Minulyo, yang juga berniat meramaikan bursa  calon kepala daerah di Pilbup 2020 nanti.

Menurut pria yang berprofesi sebagai pedagang buah ini, banyak strategi yang akan dia lancarkan untuk mendongkrak kemampuan keuangan daerah hingga tembus 2 triliun lebih.

“Kita bisa menggenjot dana sharing. Tentu persoalan ini tak lepas dari kreatifitas seorang kepala daerah. Seandainya saya nanti bisa macong dan terpilih, tentu harapan tersebut harus bisa terwujud. Kalau di tahun ketiga masa pemerintahan, tidak bisa mewujudkan APBD sampai Rp 2,5 triliun, saya siap untuk mundur dari jabatan bupati,”ujarnya, Rabu (15/7/2020).

Selain itu, Sutrisno juga punya ekspektasi besar untuk mengkatrol pendapatan asli daerah (PAD), yang saat ini masih berada di bawah 200 miliar, menjadi 500 miliar lebih.

Tentu semua itu diperlukan sinergitas yang komprehensif antar semua organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurut Sutris, begitu bakal calon bupati ini akrab disapa, Pacitan memiliki potensi sumber daya alam (SDA) cukup melimpah. Selain juga potensi pariwisata yang masih perlu digenjot.

Kalau semua potensi pendapatan bisa di optimalisasi dengan meminimalisir kebocoran, tentu bukan hal yang sulit untuk bisa merealisasikan PAD senilai Rp 500 miliar lebih.

“Kita perlu kerja keras dan sinergitas dengan semua OPD. Kerjasama dengan DPRD juga perlu dioptimalkan. Sehingga semua kebijakan nanti dapat berjalan sesuai harapan masyarakat,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan