Tracing Klaster Lokal Corona Wilayah Pacitan Timur Meluas ke Wilayah Kota

oleh -13410 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Upaya tracing terhadap temuan kasus baru episenter coronavirus disease 2019 (COVID-19) lintas daerah yang akhirnya berkembang menjadi transmisi lokal, akhirnya kian meluas. Awalnya, episenter berasal dari kawasan Pacitan timur, yakni Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro.

Diketahui, awal sebaran berasal dari salah seorang petugas keamanan di salah satu perusahaan yang berada di Kecamatan Sudimoro.

Namun lantaran banyaknya pekerja yang mondok di kawasan Pacitan kota, tracing pun akhirnya diperluas. Sebab perkembangan terakhir, sebaran COVID-19 juga sudah menginfeksi karyawan di bagian management. Sementara mereka banyak yang kos di Pacitan kota. Bahkan ada juga istri dari salah satu karyawan, membuka salon kecantikan di Kecamatan Pacitan.

Juru bicara tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan(GTPP) COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, agar masyarakat tetap waspada. Utamanya para pemilik tempat kos dan penginapan.

Sebab saat ini transmisi COVID-19 lintas daerah asal Kecamatan Sudimoro tersebut, sudah meluas kemana-mana.

“Jadi bukan hanya di Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro, tapi sudah meluas hingga kawasan Pacitan kota. Sebab banyak pekerja yang kos di Pacitan. Karena itu kami Imbau kepada pemilik kos-kosan untuk lebih waspada dan berhati-hati,” kata Rachmad, Ahad (5/7/2020).

Menurut Rachmad, saat ini tim tracing masih terus melakukan pengembangan. Meski, kawasan Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro, menjadi fokus pelacakan.

“Yang terpenting masyarakat harus lebih waspada dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. Selalu pakai masker saat keluar dari rumah dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir,” imbaunya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan