Bupati Sampaikan Terimakasih Kepada Kapolres-Dandim yang Canangkan Kampung Tangguh di Pacitan

oleh -111 views
KONPERS. Indartato saat menyampaikan perkembangan pasien positif COVID-19 di Pacitan pada Senin (22/6/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato mengapresiasi kampung tangguh sehat, aman, tertib dan rukun (Semeru) yang dicanangkan di sejumlah desa dan kelurahan di Pacitan dalam upaya percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Saya terimakasih kepada bapak Kapolres bapak Dandim yang telah mencanangkan kampung tangguh, yang setiap kecamatan ada 1 yang nanti akan diikuti dengan yang lain,”kata Indartato saat konferensi pers menyampaikan penambahan pasien positif COVID-19, Senin (22/6/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Menurut Indartato, keberadaan kampung tangguh semeru tersebut sebagai salah satu upaya agar COVID-19 di Pacitan tidak semakin berkembang.“Ini adalah salah satu upaya untuk memutus mata rantai COVID penularan COVID-19 dengan cara melakukan protokol kesehatan,”ujar Indartato.

Secara khusus, Indartato juga terus berpesan agar masyarakat Pacitan teru menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Oleh karena itulah saya mengharapakan kepada seluruh warga masyarakat kabupaten Pacitan, protokol kesehatan mari betul-betul kita laksanakan serta kesadaran dan kedisiplinan yang sekaligus supaya COVID-19 tidak berkembang di Kabupaten Pacitan,”pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sejak bulan Mei 2020 lalu, kampung tangguh semeru yang diinisiasi oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Muhmmad Fadil Imran yang berbasis pada problem solving (pemecahan masalah dengan solusi) atau problem oriented policing (POP).

Prinsip POP adalah sebuah strategi kolaboratif antara polisi dan masyarakat yang berfokus pada pemecahan permasalahan, malalui upaya identifikasi, analisis, penentuan aplikasi pemecahan masalah dan evaluasi.

Tujuan dari desa tangguh semeru ini adalah supaya masyarakat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya.

Baca juga: Geliat Kampung Tangguh Cegah Corona di Desa Jatimalang Arjosari

Di Pacitan, kampung tangguh telah dilaunching, diantaranya di Desa Kembang, Pacitan pada Selasa (26/5/2020), kemudian di Desa Sumberharjo pada Kamis (28/5/2020). Selain di wilayah Kota, kampung tangguh juga diluncurkan di sejumlah kecamatan lainnya, yakni di Desa Donorojo Kecamatan Donorojo pada Kamis (4/6/2020).

Baca juga: Begini Cara Desa Sumberharjo Bikin Kampung Tangguh Cegah Corona

Kemudian juga di Desa Jatimalang Arjosari pada Senin (15/6/2020), Desa Pakisbaru dan Desa Ngromo Kecamatan Nawangan pada Selasa (16/6/2020), Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo pada Kamis (18/6/2020) dan Desa Nglaran, Kecamatan Tulakan pada Jumat (19/6/2020) lalu.

Selain kampung tangguh, juga diluncurkan Ponpes Tangguh Semeru di Perguruan Islam Pondok Tremas pada Senin (15/6/2020) lalu dan pasar kuat di Arjosari pada Senin (15/6/2020) lalu.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Konfereni Pers Bupati Pacitan pada Senin (22/6/2020)