Indartato Kembali Tekankan Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

oleh -104 views
Indartato saat konferensi pers pada Senin (1/6/2020) malam. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato mengajak keseluruh komponen masyarakat untuk lebih sadar diri dalam menjalankan protokol kesehatan, ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Pernyataan itu ia sampaikan, sesaat setelah menyampaikan informasi adanya penambahan satu pasien positif COVID-19 dari klaster Pondok Pesantren Al-Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Senin (1/6/2020) malam.

Indartato menegaskan, penanganan COVID-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh satuan tugas, tanpa keterlibatan masyarakat luas.

“COVID-19 ini harus melibatkan semua elemen masyarakat dalam penanganannya. Tidak hanya cukup satuan gugus tugas,” ujarnya.

Sementara itu, juru bicara satuan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, saat ini gugus tugas lebih berkonsentrasi untuk melakukan tracing terhadap transmisi lintas daerah, Ponpes Al-Fatah, Temboro.

Sebab diduga, penyebaran klaster tersebut sangat luas, dan diperlukan kejelian dari tim surveilans ketika melakukan pelacakan.

“Kita terus melakukan tracing serta trackling terhadap klaster tersebut. Sebab memang sangat luas sebarannya,” sebut Rachmad, secara terpisah.

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat selalu disiplin dengan porotokoler kesehatan, agar sebisa mungkin memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

 “Disiplin untuk melakukan porotokoler kesehatan. Sebab hanya dengan cara itu, penyebaran coronavirus bisa diminimalisir,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan