Rabu Malam, Dua Pasien Positif COVID-19 Sudah Dijemput Satgas

oleh -13560 views
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) asal Desa Kembang, Kecamatan Pacitan sudah dijemput oleh tim dari satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan pada Rabu (29/4/2020) malam sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Hari ini, Dua Pasien Positif COVID-19 Pacitan Mulai Jalani Isolasi di RSUD dr Darsono

Kepala Desa Kembang, Sahudi mengatakan, awalnya informasi yang ia terima sekira pukul 14.00 WIB, dua pasien positif COVID-19 yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) dan satu pasien dalam pengawasan (PDP) akan dijemput tim gugus tugas.

“Namun mundur lagi pukul 17.00 WIB dan baru dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB,” ujarnya, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (29/4/2020) malam.

Menurut Sahudi, dua pasien positif COVID-19 tersebut langsung dibawa ambulans menuju ruang tulip Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono Pacitan. Sedangkan satu PDP, dibawa ke wisma atlet guna melakukan karantina.

“Seluruhnya, baik pasien positif COVID-19  maupun yang PDP, saat ini sudah menjalani masa isolasi di rumah sakit dan wisma atlet,” jelasnya.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka meminta maaf jika ada keterlambatan dalam penjemputan pasien positif COVID-19 dan PDP dari Desa Kembang.

Baca juga: Seluruh PDP dan Pasien Positif COVID-19 akan Diisolasi di Ruang Tulip RSUD dr Darsono Pacitan

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra ini, keterlambatan penjemputan itu bukan karena kesengajaan, namun pihaknya menegaskan, protap kesehatan tetap harus dilaksanakan.

“Sebenarnya ini soal teknis saja. Sebab dua kamar yang akan ditempati dua pasien positif COVID-19 tersebut, bekas lokasi isolasi dua PDP, yakni HR dan MRT,”kata Hendra.

Sesuai protapnya, lanjut dia, kamar tersebut harus diseterilkan dengan penyemprotan desinfektan dan sebagiannya. “Kita butuh waktu dua jam lebih, agar kamar tersebut benar-benar steril dan bisa digunakan untuk isolasi pasien positif COVID-19 yang baru,” jelasnya.

Sementara dua PDP yang pernah dirawat di kamar tersebut, saat ini sudah dimutasikan ke wisma atlet, Lingkungan Jaten Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

“Jadi saat ini yang ada di ruang tulip, empat pasien positif COVID-19,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan